Blog Section

RSMA Masa Depan Lakukan Disruptive Innovation

RSMA dalam sejarah adalah untuk mengembangkan visi dan misi mulia Muhammadiyah melalui sebuah amal nyata di bidang pelayanan kesehatan. Dalam perjalannya, RSMA tumbuh dan berkembang dengan berbagai kendala yang ada. RSMA kompetisi bersama dengan rumah sakit lain termasuk rumah sakit keagamaan non islam yang diawali dengan rumah sakit milik zending / misionaris nasrani sejak zaman penjajahan serta munculnya rumah sakit baru dalam bentuk badan hukum PT (Perseroan Terbatas) dalam misi bisnis dan ingin memenangkan kompetensi serta mengalahkan lawan.

RSMA ke depan perlu melakukan inovasi disruptif, yaitu sebuah inovasi untuk mentransformasi suatu sistem / pasar yang eksiting dengan memperkenalkan kepraktisan, kemudahan akses kenyamanan, biaya ekonomis, tetapi tetap berbasis pada nilai Islam Kemuhammadiyahan yang menjalankan misi dakwah nilai-nilai Islam.

RSMA hari ini secara nasional mempunyai jurang pemisah yang besar, ada yang sudah eksis dengan SDM profesional jumlah banyak, status dokter / purnawaktu, sarana prasarana lengkap, akreditasi paripurna, tetapi ada juga yang masih kembang-kempis mengandalkan sumbangan masyarakat / subsidi, likuiditas jelek, punya hutang, tanpa FS dan tidak didukung kemampuan membayar, dan lain-lain.

RSMA dalam pengelolaan masih muncul ego sektoral, memikirkan rumah sakit masing-masing dan kurang peduli kepada rumah sakit lain yang belum bisa mandiri. Hal ini tidak lepas ari sejarah pendirian rumah sakit yang kadang dipelopori oleh Muhammadiyah dengan level yang berbeda seperti PCM, PDM, PWM, maupun PP Muhammadiyah, dan kadang mengedepankan semangat tanpa kesiapan sumber dana.

SDM RSMA hari ini belum menjadi aset Muhammadiyah / Aisyiyah. Rekruitmen direktur, dokter, maupun tenaga SDM lain diangkat oleh masing-masing rumah sakit yang belum menegaskan bahwa yang bersangkutan adalah SDM Muhammadiyah yang bisa diberdayakan oleh Muhammadiyah di manapun. Hal ini berdampak ada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dengan SDM berlebihan, di sisi lain ada Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) kekurangan dan kesulitan mencari SDM. Sedang SDM tidak dapat dimobilisasi ke antar ranah / wilayah Muhammadiyah lain.

BPH / MPKU masih perlu pembekalan manajemen rumah sakit dan kompetensi tambahan sehingga “kekuasaan” BPH dan MPKU mampu mengarahkan RSMA untuk tumbuh dan berkembang secara benar serta berwawasan nasional bukan hanya RSMA lokal, sehingga kedepan perlu pengurus BPH dan MPKU digodog di “Lemhannas” versi Muhammadiyah untuk para anggota BPH / MPKU dan Direktur RSMA agar wawasannya utuh.

Jejaring RSMA hari ini masih semu, sehingga perlu regulasi versi Muhammadiyah yang mempersatukan RSMA sehingga benar-benar bisa menjadi jejaring yang sebenarnya. Hal ini perlu kajian bersama lintas AUM, lintas majelis dikoordinasi oleh PDM.

RSMA perlu ke depan sebagai holding yang melakukan aktivitas menyatukan RSMA dalam menghadapi berbagai persoalan terkait dengan pengelolaan rumah sakit seperti menghadapi regulasi pemerintah, perpajakan, pengadaan barang dan jasa, aspek hukum, maupun aspek teknis RSMA.

RSMA ke depan harus pro-aktif , inovatif, dalam menghadapi era disruptif sehingga perlu pendekatan berbagai perubahan  dalam menghadapi berbagai cara regulasi, mulai dari pengelolaan yang professional dan kreatif, mengambil hikmah dan keuntungan dari perubahan regulasi maupun upaya-upaya politik untuk melakukan negosiasi maupun perlawanan terhadap regulasi yang lahir yang tidak sesuai dengan keadilan dan merugikan RSMA.

Semoga RSMA ke depan makin berkembang dan mencerahkan serta dengan landasan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dapat sebagai sarana meraih ridho Alloh dan tiket surga-Nya Alloh. Aamiin.

Temanggung, 12 Oktober 2019

Dr. drg. H. Edi Sumarwanto, MM., M.H.Kes

More

ALHAMDULILLAH RS PKU MENDAPATKAN MEDALI SILVER

Gugus Kendali Mutu (GKM) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam perusahaan dengan goal untuk melakukan peningkatan yang berkelanjutan bagi perusahaan tersebut. Gugus Kendali Mutu merupakan salah satu sarana efektif perusahaan untuk mengikutsertakan seluruh staffnya dalam suatu kegiatan yang bertujuan meningkatkan kinerja perusahaan pada umumnya.

Rumah sakit PKU Muhammadiyah Temanggug telah usai mengikuti acara bergengsi tersebut di Semarang awal bulan lalu. Dalam acara konvensi gugus kendali mutu jawa tengah tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Balai Pengembangan Produktifitas Tenaga Kerja tahun 2017 tersebut RS PKU Muhammadiyah Temanggung berhasil menyabet medali silver.

Konvensi gugus kendali mutu ini diikuti oleh satu tim dari RS PKU Muhammadiyah Temanggung yaitu Muh Amin, S.Kep, Ns., Widodo Roni S., S.Kep., Ns., Tyas Tati O., A.Md., Tatik Kristiyani, S.Kep.Ns., Linda Wijajati, AMK,. Rad., Min Adadiyah, S.Km., M.PH., Muslimah, AMK., Heny Retnowaty, S.T (gizi), Ronggo Satya Handoko, AMK., Sirtono, AMK  Konvensi yang dilaksanakan selama dua hari tersebut diikuti oleh berbagai perusahaan di wilayah jawa tengah. Selamat untuk Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung atas prestasi yang membanggakan ini!

More

RS PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG DRILL AKREDITASI

Predikat sebagai rumah sakit yang mendapat nilai paripurna saat akreditasi tahun 2016 silam menjadikan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung selalu berbenah diri untuk selalu memberikan yang terbaik dalam pelayanan kesehatan maupun administrasinya. Konsekuensi dengan predikat tersebut yaitu rumah sakit PKU Muhammadiyah Temanggug harus siap untuk melaksanakan verifikasi di tahun pertama dan tahun kedua setelah dinyatakan paripurna.

Hari jumat dan sabtu 17&18 November 2017 lalu Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung telah usai melaksanakan drill persiapan verifikasi akreditasi tersebut. Drill persiapan ini diikuti oleh seluruh karyawan rumah sakit, dalam kegiatan tersebut setiap karyawan harus mengetahui diantaranya visi dan misi rumah sakit, bagaimana aktifasi code red dan code blue, lima momen cuci tangan serta bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar.

Drill persiapan verifikasi akreditasi ini dilaksanakan di aula lantai dua RS PKU Muhammadiyah temanggung. Dalam acara tersebut setiap karyawan harus menghadap petugas yang telah ditunjuk untuk menguji pengetahuan setiap karyawan. Petugas penguji ini adalah para asistan manajer dari setiap unit atau bangsal di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Dari acara drill akreditasi ini nantinya diharapkan setiap karyawan di RS PKU Muhammadiyah Temanggung mampu mengembangkan mutu dan kualitas dalam pelayanan kesehatan seperti yang menjadi slogan dalam tepuk akreditasi RS PKU Muhammadiyah Temanggung Paripurna, Selamanya, quality & patient safety.

More

RS PKU Muhammadiyah Temanggung Simulasi Darurat Bencana

Bencana alam merupakan sebuah fenomena alam yang tidak dapat diketahui kapan datangnya, dimana, bahkan siapa saja yang akan mendapat efek dari bencana tersebut. Bencana alam dapat berupa apapun, banjir, gempa bumi, gunung meletus dan lain sebagainya. Penanggulangan bencana serta ketanggap daruratan bencana tersebut terkadang masih menjadi hal yang  kurang di perhatikan mengingat banyak yang belum tahu tentang bagaimana musti bersikap ketika terjadi bencana.

Rumah sakit PKU Muhammadiyah Temanggung bekerja sama dengan MDMC sabtu 14 Oktober 2017 lalu telah sukses menggelar acara simulasi tanggap darurat bencana. Bertempat di SD Muhammadiyah Temanggung tim dari RS PKU Muhammadiyah Temanggung dan MDMC Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung memberikan materi tentang penanganan korban bencana dan juga bagaimana mengamankan diri dan sekitar ketika terjadi bencana.

Kesiap siagaan terhadap bencana dirasa sangat penting diberikan kepada anak didik, pasalnya ketika bencana terjadi maka siapapun harus siap untuk mengamankan diri dan lingkungan sekitar tak terkecuali anak didik yang notabenenya masih sedikit pengalaman tentang tanggap darurat bencana. Cukup banyak materi yang diberikan dalam simulasi tersebut, salah satu materinya adalah bantuan hidup dasar (BHD) seperti RJP (Resusitasi Jantung Primer), penanganan korban bencana.komentar positif diungkapkan oleh salah satu peserta simulasi yang merupakan guru SD Muhammadiyah Temanggung. Beliau berharap acara serupa diadakan secara berkala dan diselenggarakan pula di amal usaha atau institusi lain sehingga semakin banyak yang memahami cara bersikap dalam kedaruratan bencana.

More

UPDATE JADWAL DOKTER RS PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG OKTOBER 2017

NO NAMA SPESIALIS JADWAL
1 dr. Ahmad Aryono, Sp. B, FINACS Bedah Umum Senin- Sabtu: 12.00-13.00 WIB
2 dr. H. Djoko Budiono, Sp. B, FINACS Bedah Umum Senin- Jum’at: 15.00-16.00 WIB
3 dr. Masruri, M. Sc., Sp. A Anak Senin- Sabtu: 08.00-13.00 WIB
4 dr. Hj. Yushartiani, Sp. A Anak Senin- Kamis: 15.00 WIB- Selesai
5 dr. Arif Supriyono, M. Sc., Sp. An Anestesi Senin- Sabtu: 07.00- 14.00 WIB
6 dr. Novianto K, M. Sc., Sp. An Anestesi Jadwal Khusus
7 dr. Argoseto, Sp. An Anestesi Jadwal Khusus
8 dr. Hendro Kurniawan, Sp. OG., M. Kes Kebidanan & Kandungan Senin- Sabtu: 12.00- 15.00 WIB
9 dr. Hasan Samusir, Sp.OG Kebidanan & Kandungan Senin- Sabtu: 07.00-12.00 WIB
10 dr. Kenyorini, Sp. P Paru Selasa & Kamis: 17.00- 18.00 WIB
11 dr. K. Ibrawansyah, M.Sc., Sp.KJ Kejiwaan Senin & Kamis: 16.00 WIB- Selesai
12 dr. Esti Mahanani, Sp. M Mata Senin: 14.00 WIB- Selesai
13 dr. Bobby Krisna Putra, Sp. M Mata Selasa- Jum’at: 13.00 WIB- Selesai
14 dr. H. Budi Raharjo, Sp.PD., FINASIM Penyakit Dalam Senin, Rabu, Jum’at: 16.00-17.00
Selasa, Kamis, Sabtu: 06.00-07.00
15 dr. Zaenab Muslikhah, Sp.PD., FINASIM Penyakit Dalam Selasa, Kamis, Jumat: 15.00- selesai
16 dr. Diana Edwina, Sp. KFR Kedokteran Fisik & Rehab Medik Rabu & Sabtu: 12.00- 14.00 WIB
17 dr. Pramono, Sp. THT-KL Telinga Hidung Tenggorokan Senin & Jumat: 14.30 WIB- Selesai Rabu: 13.00 WIB- Selesai
18 dr. Anton Haryono, Sp.THT-KL Telinga Hidung Tenggorokan Selasa & Kamis: 15.00- 17.00 WIB Sabtu: 12.00- 13.00 WIB
19 dr. Antoni, Sp.OT Bedah Ortopaedi (Tulang) Rabu: 17.00 WIB – Selesai
20 dr. Basuki Sutantoro, Sp. S Saraf Senin – Kamis: 15.00- 17.00 WIB
21 dr. Tetty K, Sp.s., M. Kes Saraf Jum’at- Sabtu: 14.00- 15.00 WIB
22 dr. Riat El Khair, M. Sc., Sp. PK Patologi Klinik Sabtu: 07.30 – 10.00 WIB
23 drg. Fuad Fatkhurohman Gigi Senin & Kamis: 14.00 WIB- Selesai
24 drg. Ririh Daru K Gigi Senin – Sabtu: 09.00- 14.00 WIB
25 dr. Kus Budayantiningrum, Sp. Rad Radiologi Senin, Selasa, Kamis : 15.00- Selesai
26 dr. P Karunia Dewi Umum Setiap Hari, 24 Jam (Sesuai Jadwal )
dr. Wiwik Dewi S, MMR
dr. Priyadi Tri P
dr. Dian Pratama Putra
dr. Fayz Badar Nahdi
dr. Halimah Pramudiyanti
27 Herlya Indrayani, SST. FT Fisioterapi Senin – Sabtu : 07.00 -17.00 WIB
Arwan Nur Irsyad, AMF
28 Anni Rahmah, S. Far, Apt Konsultasi Obat Senin- Sabtu: 07.00 – 14.00 WIB
29 Henny Retnowati, S.T. (Gizi) Konsultasi Gizi Senin- sabtu: 07.00 – 14.00 WIB
Desi Istiqomah, AMG
More

PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG MENGABDI UNTUK MASYARAKAT

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temangung merupakan salah satu bentuk amal usaha Muhammadiyah yang berada dibawah Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Temanggung. Sesuai misi yang diusung oleh RS PKU Muhammadiyah Temangung menjadi rumah sakit yang Islami dengan pelayanan komprehensif, unggul dan terpilih, PKU Muhammadiyah Temangung juga mengadakan pelayanan yang sifatnya preventif atau pencegahan.

Salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh RS PKU Muhammadiyah Temangung adalah dengan mengadakan kegiatan posyandu lansia. Posyandu lansia tersebut terakhir diadakan di Dusun Dukuh Desa Mergowati Kecamatan Kedu hari sabtu tanggal 16 september 2017 lalu dengan diikuti setidaknya oleh 25 orang lansia. Kegiatan yang didalamnya ada pemeriksaan gratis dari RS PKU Muhammadiyah Temangung juga ada siraman rohani dari Ustadz yang ditunjuk oleh kader posyandu setempat. Selepas rentetan acara tersebut para lansia ini diajak untuk refreshing dengan cara menyanyi riang gembira.

Posyandu lansia yang diadakan tersebut bekerjasama dengan Puskesmas Kedu dan juga kader kesehatan dari warga setempat. Dalam acara tersebut selain memberikan pelayanan pemeriksaan gratis, serta siraman rohani juga diberikan penyuluhan dari rumah sakit tentang bagaimana pencegahan penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan lansia.

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temangung yang notabenenya menjadi penyelenggara kegiatan-kegiatan semacam ini mempunyai harapan besar untuk dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya bagi semua lapisan masyarakat melalui pendekatan peningkatan kesehatan (Promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), pemulihan kesehatan (rehabilitatif), dan pengurangan penderitaan (paliatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh sesuai dengan peraturan perundang-undangan, serta tuntunan ajaran agama islam dengan tidak memandang agama, golongan dan kedudukan.

More

DAFTAR SAJA LEWAT SMS, TELEPON, ATAU WA

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan, melakukan berbagai inovasi untuk mendapatkan layanan yang prima. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka RS PKU Muhammadiyah Temanggung juga selalu meng-update­ progam layanan kepada pasien, salah satunya adalah pedaftaran pemeriksaan via sms, telephon atau WA (whatssapp).

Layanan ini memang sengaja dibuat oleh RS PKU Muhammadiyah Temanggung untuk memudahkan pelanggan mendapatkan pelayanan yang prima. Hanya dengan menelepon atau sms atau melalui aplikasi social media WA, pasien tinggal hanya menyerahkan data (nama, alamat, nomer rekam medis yang tertera pada kartu pendaftaran,  status pasien (BPJS/umum), dokter spesialis yang dituju serta nomer HP yang bisa dihubungi) maka pelanggan atau pasien akan didaftarkan oleh petugas. Setelah melakukan pendaftaran tersebut, ketika pasien sampai di rumah sakit untuk periksa, maka pasien tetap mengambil nomor antri di pos satpam untuk selanjutnya konfirmasi di pendaftaran jika sudah mendaftar via telepon, sms atau WA. Sedikit berbeda dengan pasien yang menggunakan BPJS, tetap sama melakukan konfirmasi di pendaftran, hanya saja sekaligus menyerahkan berkas persyaratan BPJS (FC BPJS, FC KTP, FC KK, surat rujukan faskes I / dokter keluarga atau surat kontrol untuk pasien kontrol).

Pendaftaran melalui layanan ini berlaku di hari yang sama dengan jadwal kontrol atau periksa dokter. Ketika jadwal kontrol hari senin pukul 14.00 WIB, maka mulai pagi hari tersebut dapat melakukan pendaftaran melalui telepon, sms atau WA. Pendaftaran via sms dapat dilakukan melaui nomer telpon 081228508700, adapun untuk telepon dapat menggunakan nomer (0293) 596704, 596700, 4909900, sedangkan untuk WA dapat melalui 08886459399.

Dengan adanya layanan ini, maka pelanggan tidak perlu datang ke rumah sakit meluangkan waktu untuk mendaftarkan diri di pagi hari dan kemudian datang kembali untuk melakukan pemeriksan. Selain memudahkan dalam proses pendaftaran, melalui layanan ini juga dapat mengetahui informasi kehadiran dokter spesialis yang dituju, dengan begitu, resiko untuk pulang dari RS tanpa bertemu dengan dokter spesialis dapat dihindari. r3y

More

Bulletin PMKP edisi 19 Oktober 2016

Definisi Surveillance (menurut WHO) adalah suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis dan interpretasi data kesehatan secara sistematis, terus menerus dan penyebarluasan informasi kepada pihak terkait untuk melakukan tindakan.

More

SYIAR ROMADHON 1436 H

Ramadhan di RS PKU Muhammadiyah Temanggung selalu disambut dengan gempita. Tahun ini, serangkaian kegiatan telah disiapkan oleh tim PHBI (Panitia Hari Besar Islam) RS PKU Muhammadiyah Temanggung jauh-jauh hari sebelumnya bahkan sebelum masuk bulan Rajab.

Diawali dengan rapat tim PHBI untuk pemilihan Tema dan Pembentukan Panitia Pelaksana, dilanjutkan penggalangan dana dan rapat rencana pelaksanaan kegiatan.

Sumber dana kegiatan PHBI RS PKU Muhammadiyah Temanggung adalah infaq dari seluruh karyawan serta sebagian dari dana dropping dari RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Semua pihak berusaha mendulang pahala dan keridhoan Nya. Mulai dari cleaning service hingga direktur berkontribusi dalam meramaikan syiar ramadhan tahun ini. Di mana dalam mendulang keberkahan Ramadhan ada banyak hal yang bisa kita lakukan :
a. Pra Ramadhan : berdoa agar diberkahi di bulan Rajab dan disampaikan pada bulan Ramadhan, menyambut gembira datangnya ramadhan, meminta maaf, mengembalikan barang pinjaman dan hutang, mengakadkan kembali barang pinajaman/hutang dan bersih bersih rumah serta tempat ibadah.

b. Saat Ramadhan : Sholat tarawih tiap hari, khatam al-Qur’an, membaca tafsir, dhuha minimal 4 rakaat per hari, memperbanyak dzikir, memberikan ifthor ke tetangga/anak yatim/dhuafa, zakat dan shodaqoh serta i’tikaf.

c. Pasca Ramadhan : Puasa syawal dan memperbanyak silaturrahiim.

Adapun Tema yang diangkat tahun ini tidak jauh dari tema Muktamar 2015 yang inshaallah akan berlangsung bulan Agustus kelak. Dari amal usaha menuju Indonesia Berkemajuan. Hal ini sekaligus menjadi pendorong semangat bagi seluruh hospitalia yang sedang diproses untuk bertransformasi menjadi kader da’wah pengikut Muhammad SAW.

Semoga rangkaian kegiatan ramadhan tahun ini diberkahi dan diridhoi olehNya. Amiin..

More

Posyandu Lansia dan Tasyaruf Lazismu

Posyandu Lansia dan Tasyaruf Lazismu

Satu lagi sumbangsih Muhammadiyah bagi masyarakat. Tim RS PKU Muhammadiyah yang terdiri dari tim BMP (Badan Mutu Pencitraan) dan LAZISMU bekerja sama dalam satu kegiatan yang dimaksudkan sebagai upaya pemberdayaan bagi masyarakat.

Kegiatan posyandu lansia  yang merupakan kegiatan rutin bersama masyarakat Desa Campursari, kali ini diwarnai dengan kegiatan bersama LAZISMU RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Lembaga Amil Zakat  yang mendapatkan support penuh dari hampir seluruh karyawan dan dokter di RS PKU Muhammadiyah Temanggung ini mengalokasikan sebagian dananya untuk membantu masyarakat di Desa Campursari.

lazismu 2

Sebagai warga kehormatan, lansia  didorong untuk tetap aktif dan produktif. Salah satunya dengan pemberian support  sepasang ayam dari LAZISMU. Ayam yang sudah mendekati usia bertelur ini diharapkan dapat menjadi pemicu produktivitas sederhana. Menumbuhkan semangat para lansia untuk tetap aktif  dengan merasa bertanggung jawab atas kesejahteraan ayam peliharaannya.

Kegiatan tasyaruf ini berlangsung pada tanggal 8 Mei 2015 di Balaidesa  Campursari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Dalam kesempatan ini, sejumlah 34 warga yang dihadiahi sepasang ayam. Dengan harapan, saat ayam ini nanti bertelur sebagian dikonsumsi sebagai tambahan gizi lansia dan sebagian lagi dapat menjadi bibit produktif yang bisa digulirkan pada warga lansia yang lain.

Kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari warga, menurut mereka, support berapa pemberian ayam ini cukup unik dan pastinya bermanfaat untuk masyarakat. Ibu Kepala Desa mewakili segenap warga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Beliau juga menyampaikan agar warga yang sudah menerima amanah dalam merawat sepasang ayam tersebut sehingga dapat segera dipetik manfaatnya.

Selain jalan sehat dan  tasyaruf LAZISMU, kegiatan posyandu lansia ini juga dilengkapi dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan gabungan dari RS PKU Muhammadiyah Temanggung, kader Posyandu dan Puskesmas Bulu yang diwakili oleh Bidan Desa Nur Asiyah, Amd. Keb.

pemerik-lansia

More