IGD

Beberapa fasilitas pendukung yang selalu disiapkan dalam menangani kegawatdaruratan diantaranya: Monitor digital untuk memantau kerja jantung dan pernapasan, DJ Shock ( alat pacu jantung), alat bantu napas buatan, oksigen central, instrument bedah minor steril siap pakai dan berbagai fasilitas pendukung lainnya. Dalam bidang pelayanan kesehatan suatu RS tidak bisa berjalan dan berdiri sendiri namun selalu berhubungan dengan tingkat pelayanan yang di bawahnya maupun tingkat yang lebih tinggi. Dalam bidang kegawatdaruratan, IGD RS PKU Muhammadiyah Temanggung juga telah dan selalu bersedia menjalin kerja sama dalam menerima pasien rujukan dari berbagai faslitas dan tenaga kesehatan lainnya seperti puskesmas, poliklinik, dokter praktek, bidan dan tenaga kesehatan lainnya. Kerjasama ini telah berjalan dengan baik dan lancar selama bertahun-tahun sampai hari ini.

Namun demikian sebagaimana RS tipe C di tingkat kabupaten lainnya, tidak semua bidang kegawat daruratan dapat ditindak lanjuti di RS ini. Oleh karena itu RS ini juga telah terintegrasi dan bekerjasama dalam bidang penanganan kegawatdaruratan pada tingkat yang lebih tinggi. Sehingga pada beberapa kasus kegawatdaruratan yang tidak bisa ditangani di RS ini karena keterbatasan fasilitas maupun tenaga professional, instansi ini juga telah menjalin kerja sama untuk merujuk pasien ke rumah sakit rujukan di kota-kota besar besar atau RS lainnya yang memiliki fasilitas yang dibutuhkan.

Sebagai penutup untuk para perujuk dari berbagai fasilitas layanan kesehatan, sangat ditekankan untuk menghubungi lebih dahulu jika hendak mengirim pasien ke IGD agar kamar atau pelayanan yang dibutuhkan para perujuk bisa terpenuhi sesuai harapan. Demikian juga untuk para keluarga pasien yang membutuhkan informasi kamar khusus seperti VIP, VVIP, kamar Isolasi maupun lainnya dapat juga melakukan telpon lebih dahulu ke nomor:
0293 596704