Blogs

Dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional ke 58 RS PKU Muhammadiyah Temanggung adakan Penyuluhan dan Pelayanan Kesehatan di 6 Titik

Pada rangkaian kegiatan perigatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Tahun 2022 Kabupaten Temanggung menggelar penyuluhan, pemeriksaan dan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kabupaten Temanggung di 6 titik strategis.

Koordinator kegiatan dr. Mecca Lestina Arsy mengatakan kegiatan di 6 titik pelayanan Baksos HKN meliputi penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gratis bagi warga Kabupaten Temanggung. “Jenis pelayanan diantaranya adalah skrining kesehatan meliputi benjolan, kesehatan ginjal, TB, Stunting, penjelasan tentang JKN, mengenal dan mencegah stroke serta sosialisasi kesehatan ginjal”, jelasnya.

Adapun lokasi Baksos HKN 2022 di 6 titik tersebut dilaksanakan pada 16 Oktober 2022 di Desa Campursari Kecamatan Bulu dengan peserta penyuluhan 100 orang dan yang mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis sebanyak 21 pasien.

Pada hari yang sama Baksos juga diadakan di Desa Kalibanger Kecamatan Gemawang dengan peserta penyuluhan 200 orang dan yang mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis sebanyak 80 pasien.

Selanjutnya pada 25 Oktober 2022 Baksos dilaksanakan di Pasar Kliwon Temanggung dengan peserta penyuluhan, pengobatan dan pemeriksaan sebanyak 132 orang.

Lokasi berikutnya adalah aula Dinas Sosial Kabupaten Temanggung pada 27 Oktober 2022 dengan sasaran masyarakat sekitar lokasi di wilayah kelurahan Temanggung 1 Kelurahan Butuh Kecamatan Temanggung.

Selanjutnya pada 28 Oktober 2022 kegiatan Baksos dipusatkan di Gedung Graha Bumiphala Setda Kabupaten Temanggung dengan peserta penyuluhan, pemeriksaan dan pengobatan gratis sebanyak 71 orang.Dan pelayanan Baksos terakhir pada 30 Oktober 2022 di Kampus 1 SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo dengan peserta penyuluhan 150 orang dan pasien yang mengikuti pemeriksaan serta pengobatan gratis 43 orang.

Pada kegiatan terakhir ini diberikan penyuluhan tentang kesehatan ginjaldan seluk-beluk cuci darah oleh dr. Fatnan Setyo Hariwibowo, Sp.PD FINASIM guna menepis anggapan yang salah tentang cuci darah”, tegas dr. Fatnan Setyo Hariwibowo, Sp.PD FINASIM.

Dijelaskan lanjut, salah satu penyuluhan kesehatan adalah tentang Hemodialisa atau Hemodialisis yang merupakan terapi cuci darah diluar tubuh. Terapi ini umumnya dilakukan bagi pasien pengidap masalah ginjal yang ginjalnya sudah tak berfungsi dengan optimal.

Karena masih kurangnya pemahaman masyarakat tentang kesehatan ginjal maka Tim HKN ke  58 Temanggung memilih tema kesehatan ginjal dengan melaksanakan bakti social penyuluhan pentingnya pemeliharaan ginjal dan melakukan cuci darah jika dokter merekomendasikan.Pelayanan kesehatan gratis dan sosialisasi kesehatan ginjal di SMP Muhammadiyah 3 Ngadirejo menutup rangkaian Baksos HKN 58 Kabupaten Temanggung di 6 titik pelayanan

Leave a Comment