Blogs

Aktivitas Fisik Sangat Penting Untuk Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung sangatlah penting, karena jantung merupakan organ vital yang berperan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi ini tentunya menunjang kelangsungan hidup. Dokter menganjurkan untuk rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, menjalani pola makan sehat dan tidak merokok. Hal ini karena merupakan metode yang efektif untuk menjaga kesehatan jantung.

Bagaimana aktivitas fisik teratur menjaga kesehatan jantung kita ?

Berikut ini 5 alasan harus melakukan aktivitas fisik untuk menjaga kesehatan jantung secara lebih baik yaitu :

  1. Olahraga menurunkan tekanan darah. Olaharga aerobic adalah jenis aktivitas fisik terbaik untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Olaharaga tersebut terdiri dari gerakan gerakan repetitive dan mengikuti ritme dan menggunakan kelompok otot besar, seperti otot kaki, bahu, dan lengan. Contohnya berenang, berjalan, jogging dan menari
  2. Olahraga meningkatkan oksigenasi. Olahraga memperkuat otot otot, sehingga meningkatkan kemampuan otot untuk menarik oksigen dari aliran darah. Dengan cara ini, jantung bekerja secara lebih efisien untuk memompa darah ke otot
  3. Olaharaga menjaga berat badan sehat. Melalui olahraga membakar kalori. Olahraga aerobic menciptakan deficit energy, sedangkan olahraga ketahanan meningkatkan massa otot tanpa lemak. Hal ini ditambah dengat diet seimbang, akan membantu menjaga berat bdan sehat dan tingkat kolestrol yang optimal.
  4. Olahraga menurunkan stress. Ketegangan yang terus menerus yang diakibatkan stress dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Olahraga dapat memperbaiki suasana hati dan kepercayaan diri, yang akan sangat membantu dalam mengelola stress.
  5. Olahraga meningkatkan kolestrol HDL. High density lipoproteins (HDL)atau dikenal juga kolestrol baik, membersihkan arteri dari kolestrol berlebih. HDL membawa kelebihan kolestrol itu ke hati untuk menjalani proses metabolism. Hal ini mengurangi resiko atherosclerosis dan penyakit jantung.

Memulai jalan menuju jantung yang sehat seperti berolahraga dan makan dengan benar, akan merasakan manfaatnya dengan cukup cepat. Yang harus dilakukan adalah mengalokasikan sekitar 150 menit per minggu untuk aktivitas aerobic dengan intensitas menengah atau hanya perlu 30 menit jalan cepat atau olahraga ringan setiap hari kerja untuk mendapatkan manfaat manfaat yang baik bagi jantung. Oalahraga yang banyak membawa manfaat untu kesehatan jantung yaitu jalan kaki, lari, bersepeda, berenang. Semua itu membawa dampak positif bgai kesehatan, kebugaran dan kebahagiaan untuk sekarang dan dimasa yang akan datang.

 

Sumber : kemenkes RI

Komentar