Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Cara Mengatasi Keluhan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil

Kesehatan 0 kementar

Perubahan hormon dimasa kehamilan yang diiringi dengan penyesuaian otot otot panggul karena membesarnya rahim, menjadi faktor yang bisa memicu kemunculan sakit punggung saat hamil. Umumnya keluhan ini akan semakin terasa saat usia kehamilan memasuki trimester kedua. Rasa nyeri dapat muncul ketika membungkukkan badan kedepan, mengangkat beban berat, bangun dari tempat tidur, atau berdiri dari posisi duduk. Keluhan ini bisa terjadi kapan saja, tetapi biasanya lebih sering saat usia kehamilan 8 bulan.

Penyebab sakit punggung saat hamil yaitu
1.Perubahan hormon
2.Pertambahan berat badan.
3.Pertumbuhan bayi
4.Perubahan postur tubuh
5.Stress
6.Jarang olahraga

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil. Untuk meredakan ketidaknyamanan akibat sakit punggung saat hamil, ada beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan yaitu :

1.Pijat. Coba lakukan pijat dengan lembut punggung bagian bawah dan seluruh punggung bumil untuk meredakan rasa lelah dan nyeri otot
2.Kompres punggung. Berikan kompres punggung dengan handuk yang diisi es batu. Bisa melakukanya selama 20 menit dan diulang beberapa kali dalam sehari.
3.Perbaiki postur tubuh. Cobalah untuk tidak memutar badan atau membungkuk saat duduk maupun berdiri. Ibu hamil juga disarankan untuk tidak lama lama pada satu posisi, sesekali, bumil bisa berdiri atau duduk tegak dan regangkan punggung secara berkala untuk menghindari nyeri.
4.Minum pereda nyeri. Jika sakit punggung saat hamil sudah sangat mengganggu, konsumsi obat pereda nyeri bisa menjadi pilihan. Namun, karena pilihan obat yang aman untuk ibu hamil cukup terbatas, pastikan berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Jika sakit masih berlanjut atau justru terasa makin parah meski sudah menerapkan perawatan mandiri, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI