Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Cara Merawat Luka Operasi Caesar Agar Segera Pulih

Kesehatan 0 kementar

Setiap wanita yang melalui persalinan dengan operasi Caesar akan memiliki luka operasi Caesar. Luka ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan membutuhkan waktu pemulihan yang tidak sebentar. Namun, dengan perawatan yang tepat, luka tersebut dapat pulih dengan cepat.

Sebelum memutuskan untuk menjalani operasi caesar, ada banyak hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan. Baik dari segi biaya, risiko, dan hal-hal yang mungkin terjadi setelah operasi caesar, seperti munculnya luka operasi caesar.

Operasi caesar adalah salah satu metode persalinan yang dilakukan dengan pembedahan bagian perut dan rahim ibu untuk melahirkan janin dalam kandungan. Setelah menjalani operasi ini, penting bagi ibu untuk memahami bagaimana cara merawat luka operasi caesar secara tepat agar pemulihannya lebih cepat dan terhindar dari komplikasi lebih lanjut seperti infeksi.

Cara merawat luka sayatan operasi Caesar

Luka sayatan operasi Caesar biasanya memiliki panjang sekitar 10-15cm. Bila tidak terjadi infeksi, luka tersebut akan menutup dan pulih dalam jangka waktu 6 sampai 8 minggu. Agar luka jahitan operasi bisa sembuh dan tidak terinfeksi perlu melakukan perawatan luka jahitan operasi Caesar sebagai berikut :

  1. Bersihkan luka sayatan secara teratur. Selalu menjaga kebersihan luka operasi sangat penting dilakukan untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses pemulihan. Untuk membersihkannya, usapkan luka dengan kain yang telah dibasahi air bersih. Lakukan secara lembut dan perlahan, serta hindari menggosok area luka jahitan, ya. Setelah itu, keringkan menggunakan lap atau handuk dengan cara ditepuk-tepuk.
  2. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pakaian yang ketat akan membuat tubuh mudah berkeringat, sehingga luka operasi berisiko mengalami iritasi.
  3. Hindari aktivitas fisik berat. Terlalu banyak beraktivitas terutama yang melibatkan tekanan berlebihan pada area operasi, akan membuat proses pemulihan luka sayatan atau jahitan operasi Caesar menjadi lebih lama.
  4. Konsumsi obat penghilang rasa sakit yang sudah diresepkan oleh dokter
  5. Memenuhi kebutuhan nutrisi setelah melahirkan. Supaya pertumbuhan jaringan baru dapat lebih cepat, ibu disarankan untuk memperbanyak asupan protein yang banyak terdapat pada daging, telur, dan kacang kacangan. Selain itu juga mengonsumsi vitamin C secara rutin guna membantu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan luka operasi.
  6. Kontrol secara rutin ke dokter.

Namun jika ibu mengalami rasa tidak nyaman pada luka operasi atau muncul gejala tidak biasa seperti bengkak, kemerahan dan keluarnya cairan dari luka operasi, maka jangan ragu untuk segera periksa ke dokter dan dapat menggunakan paket Homecare untuk mendapatkan perawatan luka dirumah di RS PKU Muhammadiyah Temanggung sudah tersedia layanan Homecare untuk memudahkan perawatan dirumah segera konsultasikan ke RS PKU Temanggung.

Sumber : kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI