Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Cegah Diare Pada Anak Dengan Imunisasi Rotavirus

Kesehatan 0 kementar

Rotavirus merupakan penyebab paling umum diare berat pada anak anak diseluruh dunia. Hampir semua anak yang berusia 5 tahun pernah terinfeksi rotavirus, dengan gejala yang ringan maupun berat. Sebenarnya ada cara yang efektif mencegah infeksi rotavirus yaitu dengan vaksin rotavirus.

Rotavirus adalah virus berbentuk seperti roda yang memicu gastroenteritis ditandai diare dan muntah muntah sehingga bisa menyebabkan seorang anak mengalami dehidrasi berat. Tanpa penanganan yang tepat, terutama bila tidak pernah mendapat imunisasi anak dengan vaksin rotavirus, ada kemungkinan infeksi ini berujung fatal.

Penyakit rotavirus sangat menular. Kuman rotavirus dapat bertahan lama dipermukaan benda, termasuk tangan orang. Anak anak rentan terinfeksi lantaran kerap menyentuh dan memasukkan benda secara sembarang ke mulut. Orangtua dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi rotavirus lewat imunisasi anak.

Manfaat imunisasi rotavirus yaitu mencegah penularan diare akibat rotavirus.

vaksin rotavirus tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi

  1. Lebih dari 8 bulan,
  2. Sedang sakit atau demam,
  3. Memiliki alergi terhadap vaksin rotavirus yang telah diberikan sebelumnya
  4. Menderita gangguan sistem imun dan penyakit pencernaan
  5. Menderita gangguan usus yang membuat sebagian usus terlipat dan tersumbat

Pada anak dengan gangguan sistem yang ringan, vaksin rotavirus masih bisa diberikan. Namun, orangtua dianjurkan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.

Kemungkinan efek samping vaksin rotavirus

Vaksin rotavirus jarang menimbulkan efek samping. Meski demikian, sebagian kecil bayi yang diberikan vaksin rotavirus dapat mengalami reaksi alergi dan efek samping berupa muntah, mual, lebih rewel, dan diare. Namun, efek samping tersebut biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari dan akan hilang dengan sendirinya.

Pemberian vaksinasi yang sesuai jadwal bertujuan supaya anak mendapat daya tahan tubuh yang optimal. Segera konsultasikan ke dokter spesialis anak di RS PKU Muhammadiyah Temanggung agar anak mendapatkan vaksin sesuai dengan waktunya.

Sumber : Kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI