Blogs

Cegah Serangan Jantung Dengan Rutin Medical Check Up

BPJS Kesehatan mencatat adanya kenaikan klaim biaya perawatan jantung tahun demi tahun. Hal ini menandakan penyakit jantung masih menjadi momok besar dinegeri ini. Padahal setiap orang bisa mencegah sakit jantung dengan berbagai cara.

Salah satu cara cegah sakit jantung adalah dengan rutin menjalani medical check up. Seseorang mungkin mengidap penyakit jantung tanpa gejala. Itu sebabnya perlu pemeriksaan kesehatan secara berkala, terutama yang memiliki factor risiko tinggi jantung.

Pentingnya Medical checkup

Medical check up adalah prosedur pemeriksaan kesehatan diri secara menyeluruh. Dalam pemeriksaan ini akan diketahui kondisi medis seseorang secara umum. Bila ada tanda gangguan kesehatan, orang yang menjalani pemeriksaan bisa menentukan langkah segera untuk mengatasinya. Tapi kebanyakan orang merasa takut atau malas untuk medical check up. Alasannya beragam. Yang paling sering adalah khawatir mendapati penyakit dalam tubuhnya sehingga harus dirawat atau menerapkan pantangan tertentu. Padahal justru itulah pentingnya medical check up.

Dengan mengetahui adanya tanda atau gejala masalah kesehatan sedari dini, peluang kesembuhan makin besar. Khusus untuk upaya cegah sakit jantung, medical check up menjadi tahap pertama sebelum pemeriksaan spesifik terhadap kondisi jantung untuk menegakkan diagnosis dan menentukan penanganan yang tepat.

Sasaran medical checkup yang terkait dengan pencegahan sakit jantung mencakup tekanan darah, kadar kolestrol, level gula darah, ketahanan fisik.

Tips mencegah sakit jantung

  1. Kontrol tekanan darah
  2. Kendalikan kadar kolestrol
  3. Jaga berat badan
  4. Makan makanan sehat
  5. Rutin berolahraga
  6. Istirahat cukup
  7. Jauhi rokok

Penyakit jantung tidak kenal usia. Orang muda berusia 20an tahun pun bisa terkena serangan jantung. Maka cara terbaik untuk mendeteksi risiko sakit jantung adalah memeriksakan diri sejak muda. Deteksi dini lewat Medical Check Up menjadi langkah penting untuk cegah sakit jantung.

Saat ini, di RS PKU Muhammadiyah Temanggung sedang ada promo untuk paket Medical Check Up PROMO MERDEKA Spesial Hari Kemerdekaan berlaku 15 Agustus – 15 September 2023. Yuk segera lakukan pemeriksaan kesehatan Medical Check Up ke RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Komentar