Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Deteksi Dini Kehamilan Ektopik Melalui Usg 4D

Kesehatan 0 kementar

Kehamilan merupakan momen yang membahagiakan bagi pasangan suami istri. Namun, tak jarang ada beberapa kondisi yang mengganggu proses kehamilan yang seharusnya berjalan lancar. Salah satu kondisi yang perlu diwaspadai adalah kehamilan ektopik.

Apa itu kehamilan ektopik ? kehamilan ektopik terjadi ketika janin berkembang diluar rahim, biasanya di tuba falopi. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan berpotensi mengancam nyawa ibu.

Penyebab kehamilan ektopik dapat bervariasi, tetapi kondisi ini biasanya terjadi ketika adanya hambatan atau kerusakan pada saluran reproduksi wanita. Berikut beberapa factor yang dapat menyebabkan kehamilan ektopik :

  1. Kerusakan pada tuba falopi. Hal ini disebabkan oleh infeksi saluran reproduksi, penyakit menular seksual, operasi sebelumnya pada saluran reproduksi.
  2. Peradangan tuba falopi seperti salpingitis, dapat menyebabkan jaringan parut dan penyumbatan, yang meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik.
  3. Kelainan structural, kelainan bawaan pada saluran reproduksi, seperti anomaly pada bentuk atau ukuran tuba falopi, dapat mempengaruhi pergerakan embrio ke rahim dan menyebabkan kehamilan ektopik
  4. Riwayat kehamilan ektopik sebelumnya
  5. Factor hormonal, ketidakseimbangan hormone atau gangguan hormonal tertentu juga dapat mempengaruhi pergerakan embrio dan meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik.

Deteksi dengan USG 4D di RS PKU Muhammadiyah Temanggung memiliki pelayanan kesehatan kandungan yang berkualitas. Dengan teknologi USG 4D mendapatkan gambaran yang jelas dan detail mengenai kondisi kehamilan. Manfaat USG 4D bagi kehamilan ektopik yaitu melalui USG, dokter dapat melihat tanda tanda awal kehamilan ektopik, seperti adanya perdarahan internal, peningkatan ukuran tuba falopi, atau tanda tanda kehamilan dilokasi yang tidak wajar. Dengan deteksi dini, tindakan medis yang tepat dapat segera dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.

Kehamilan ektopik bukanlah kondisi yang bisa diabaikan. Tindakan medis yang cepat dan tepat sangat penting untuk melindungi kesehatan dan keselamatan ibu. Penting bagi setiap wanita yang sedang hamil atau mencurigai kehamilan untuk selalu waspada terhadap tanda tanda kehamilan ektopik. Jika ada gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter dan lakukan pemeriksaan USG 4D di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Kesehatan dan keselamatan anda adalah prioritas utama, dan deteksi dini adalah kunci untuk mengatasi kehamilan ektopik dengan baik.

Sumber : kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI