Blogs

Fakta Dibalik Mitos Bahaya Imunisasi

Imunisasi atau vaksinasi penting untuk kesehatan anak. Sayangnya, beragam isu dan mitos mengenai bahaya imunisasi membuat sebagian orang ragu untuk melakukan imunisasi. Imunisasi adalah proses pembentukan kekebalan atau daya tahan tubuh seseorang terhadap penyakit dengan cata pemberian vaksin. Vaksin itu sendiri merupakan agen biologis yang terdiri dari bakteri atau virus penyebab penyakit yang sudah dilemahkan atau dimatikan.

Berbagai mitos mengenai bahaya imunisasi

Munculnya mitos atau isu terkait bahaya imunisasi, tentunya bukan tanpa alsan. Beberapa mitos dan fakta tentang imunisasi yaitu

  1. Imunisasi menyebabkan autism. MMR merupakan jenis vaksin yang akrab dengan rumor bahaya imunisasi yaitu dapat menyebabkan autism. Faktanya bahwa vaksin MMR tidak mempengaruhi risiko seorang anak terkena autisme
  2. Imunisasi DPT menyebabkan kematian mendadak pada bayi. Imunisasi ini sangat penting diberikan kepada bayi. Apabila bayi tidak dilakukan DPT akan muncul berbagai penyakit yaitu batuk rejan, tetanus, serta difteri. Mitos yang berkembang bahwa DPT adalah sindrom kematian mendadak pada bayi. Faktanya justru pemberian imunisasi DPT menurunkan risiko terjadinya SIDS pada bayi.
  3. Terlalu banyak imunisasi tidak baik untuk system imun anak. Faktanya system kekebalan tubuh bayi yang sehat mampu menerima imunisasi dengan baik, bahkan jika dilakukan bersamaan dalam satu hari.
  4. Vaksin memiliki beberapa kerugian dan efek samping jangka panjang yang belum diketahui, vaksinasi bahkan bisa fatal. Faktanya vaksin itu aman kebanykan reaksi vaksin bersifat minor dan sementara, seperti nyeri pada tempat penyuntikan atau lengan atau demam ringan.
  5. Jika kita hidup sehat, bersih dan sanitasi lingkungan baik maka tidak perlu dilakukan vaksinasi. Faktanya penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi dapat menyerang kembali apabila program vaksinasi dihentikan. Sementara perbaikan kebersihan, cucitangan, dan air dapat membantu melindungi kita dari penyakit infeksi, banyak penyakit infeksi yang tetap menyebar seberapapun bersihnya seseorang.

Ingatlah untuk tidak melewatkan jadwal imunisasi anak, karena pemberian imunisasi sangat penting untuk perlindungan kesehatan anak. Konsultasikan ke dokter anak di RSPKU Muhammadiyah Temanggung.

Sumber : kemenkes RI

 

Komentar