Blogs

Fakta Seputar Kanker Pada Anak

Kanker adalah penyakit yang tidak memandang usia dalam menyerangnya, sehingga kanker dapat menyerang usia dewasa dan juga dapat menyerang anak anak. Kanker anak merupakan kanker yang menyerang anak yang berusia dibawah 18 tahun, bahkan anak yang masih berada didalam kandungan.

Pada orangtua dituntut untuk lebih sigap dalam menyikapi kanker pada anak. Karena kanker anak cenderung lebih sulit untuk diketahui karena anak belum memiliki kemampuan menjelaskan apa yang dirasakan dengan lebih jelas dan spesifik. Ada 3 fakta seputar kanker anak yang perlu diketahui :

  1. Kanker anak belum dapat diketahui secara pasti penyebabnya. Walaupun kanker bisa menyerang segala rentang usia, kanker pada anak berbeda dengan kanker yang dialami oleh orang dewasa. Karena hingga saat ini berbagai jenis kanker pada anak masih belum diketahui secara pasti penyebabnya dan faktor risikonya.
  1. Kanker pada anak dapat disembuhkan. Kanker pada anak yang mendapatkan penanganan secara cepat dan optimal mampu meningkatkan harapan hidup anak.
  1. Leukemia adalah kanker yang paling menyerang anak. Leukemia menjadi jenis kanker yang paling banyak terjadi pada anak. Leukemia atau kanker darah adalah penyakit keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang karena tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Meskipun leukemia ini dapat dialami oleh siapa saja, namun leukemia lebih sering terjadi oleh anak anak.

Gejala leukemia pada anak yaitu anak menjadi lemas, pucat, hilang nafsu makan, demam tanpa sebab yang pasti, nyeri tulang, kejang kejang yang berujung kehilangan kesadaran, hingga pembesaran hati, limpa dan kelenjar getah bening.

Minimnya pengetahuan orangtua mengenai kanker anak sering menyebabkan penanganan pada anak cukup terlambat atau kanker anak telah memasuki stadium lanjut karena kanker pada anak merupakan penyakit yang berbahaya sehingga membutuhkan pennaganan sedini mungkin.

 

Sumber : Kemenkes RI

Komentar