Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Kenali Penyebab Tekanan Darah Rendah Yang Umum Terjadi

Kesehatan 0 kementar

Penyebab tekanan darah rendah bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari kehamilan hingga penggunaan obat obatan. Tensi rendah dapat mengakibatkan beberapa kondisi serius, termasuk kehilangan kesadaran. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab tensi rendah agar dapat dicegah dan tidak menimbulkan komplikasi.

Tensi darah atau tekanan yang normal biasanya berkisar antara 90/60 mmHg-120/80 mmHg. Jika tensi kurang dari 90/60mmHg, kondisi ini dikatakan sebagai tensi rendah (hipotensi). Saat tensi darah rendah, otak akan kekurangan pasokan darah. Keadaan tersebut bisa mengakibatkan pusing, sakit kepala ringan, hingga pingsan.

Penyebab tekanan darah rendah yaitu :

  1. Kehamilan, kondisi ini normal terjadi karena pembuluh darah ibu hamil akan melebar untuk memenuhi pasokan darah ke janin agar kebutuhan nutrisi serta oksigen janin terpenuhi. Kondisi ini menyebabkan turunnya tensi darah.
  2. Kekurangan Vitamin B12, folat, dan zat besi. Nutrisi tersebut dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga menghindarkan dari kekurangan darah atau anemia yang menjadi penyebab tekanan darah rendah.
  3. Hal ini terjadi akibat dehidrasi, kerusakan system saraf yang mengatur tekanan darah, hingga efek samping dari pengobatan diabetes.
  4. Kelainan jantung. Detak jantung yang lambat, serangan jantung, maupun gagal jantung akan menyebabkan jantung tidak dapat mengalirkan darah yang cukup ke seluruh tubuh.
  5. Konsumsi obat obatan. Beberapa obat untuk penyakit jantung, hipertensi, dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini akan mengakibatkan penurunan tekanan darah.

Cara menjaga tekanan darah tetap normal

  1. Minum air putih minimal 8 gelas per hari agar terhindar dari dehidrasi
  2. Konsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin B12, seperti telur, daging, susu
  3. Konsumsi makanan yang kaya akan folat (sayuran hijau tua, buah, kacang kacangan)
  4. Konsumsi makanan yang asin untuk meningkatkan tekanan darah
  5. Rutin olahraga untuk menjaga peredaran darah tetap lancar
  6. Rutin periksa gula darah agar terhindar dari komplikasi diabetes yang mengakibatkan tekanan darah rendah.

Apabila menderita kondisi medis yang dapat menjadi penyebab tensi rendah, sebaiknya periksakan kondisi tersebut secara berkala ke dokter di RS PKU Muhammadiyah Temanggung untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber : kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI