Blogs

Kontrol Penyakit Radang Sendi Dengan Tes Asam Urat Rutin

Tes asam urat merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kadar asam urat didalam tubuh. Pemeriksaan ini dapat membantu mendiagnosis serta mengontrol berbagai penyakit yang berkaitan dengan asam urat seperti radang sendi.

Kenapa perlu melakukan pengecekan asam urat secara berkala ? Asam urat atau gout adalah salah satu jenis penyakit radang sendi yang terjadi akibat penumpukan Kristal asam urat. Kondisi ini paling sering terjadi pada jempol kaki, tetapi bisa juga menyerang sendi di jari kaki yang lain, lutut atau pergelangan kaki.

Kapan perlu melakukan tes asam urat ?

Dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan kadar asam urat apabila mengalami gejala gejala berikut yaitu :

  1. Timbulnya rasa nyeri yang berkelanjutan pada persendian
  2. Pembengkakan sendi
  3. Kekakuan sendi
  4. Sendi terasa lunak ketika ditekan
  5. Sensasi terbakar pada sendi
  6. Kemerahan pada kulit disekitar sendi yang terdampak
  7. Kesulitan berjalan
  8. Rasa nyeri yang menggangu aktivitas dan berlangsung lama

Cara untuk mencegah penyakit asam urat adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Upaya yang bisa dilakukan antara lain yaitu berolahraga rutin, tidak mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, menurunkan berat badan, menghindari konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita asam urat.

Lakukan tes asam urat secara komprehensif di Rumah sakit. RS PKU Muhammadiyah Temanggung menyediakan pemeriksaan medical checkup secara lengkap. Pemeriksaan asam urat penting dilakukan untuk mendiagnosis serta membantu mengendalikan gejala penyakit asam urat yang tepat dan akurat melalui layanan cek laboratorium.

 

Sumber : kemenkes RI

Komentar