Blogs

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu hamil dan Risikonya

Apabila ibu bertanya, bolehkah ibu hamil minum air kelapa ? jawabanya boleh, justru manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat beragam. Mulai dari mencegah dehidrasi, mengurangi gejala mual hingga menjaga berat badan ideal selama kehamilan. Meski begitu, ibu hamil tetap harus memperlihatkan takaran yang cukup sebelum minum air kelapa, jika berlebihan dalam mengkonsumsi air kelapa dapat menimbulkan efek samping.

Kandungan air kelapa mengandung beberapa nutrisi yang penting bagi tubuh diantaranya yaitu karbohidrat 3,8 gram, kalsium 24mg, energy 17kal, kalium 250mg, vitamin C 2,4mg. selain itu air kelapa juga mengandung elektrolit tinggi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan elektrolit yang diperlukan tubuh.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yaitu

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang berguna untuk mencegah dehidrasi. Tercukupinya kebutuhan cairan tubuh akan membuat ibu hamil merasa lebih segar, bugar, dan tidak mudah merasa lesu.
  2. Pengganti elektrolit yang hilang. Masa kehamilan ibu hamil sering mual dan muntah yang disebut dengan morning sickness yang dapat menyebabkan ibu hamil mengeluarkan banyak cairan, sehingga elektrolit dalam tubuh hilang.
  3. Meringankan gejala mual dan muntah. Air kelapa muda bisa membantu menjaga kadar pH dalam tubuh. Hal ini air kelapa mampu mengontrol keasaman lambung, mengurangi mual dan meningkatkan metabolisme.
  4. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih
  5. Menjaga berat badan ibu hamil. Air kelapa muda mengandung kalori dalam jumlah kecil dan bebas lemak sehingga dapat mengontrol berat badan.
  6. Meningkatkan imunitas tubuh.
  7. Meningkatkan perkembangan janin. Air kelapa mengandung mengnesium yang bermanfaat untuk janin ketika masih didalam kandugan.

Risiko mengonsumsi air kelapa untuk ibu hamil yaitu meskipun manfaat air kelapa untuk ibu hamil cukup beragam, namun terdapat risiko atau efek samping yang perlu diwaspadai jika minuman ini dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi air kelapa terlalu banyak dapat menyebabkan tubuh kelebihan potasium atau kalium. Akibatnya kesehatan ibu dan janin akan terganggu.  Selain itu, air kelapa juga beresiko mengandung bakteri yang dapat membahayakan kehamilan. Terutama jika diminum langsung dari buahnya. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi air kelapa yang sudah melewati proses sterilisasi sehingga lebih aman.

Bila ibu hamil memiliki keluhan lain terkait kesehatan tubuh selama masa kehamilan, segera kunjungi RS PKU Muhammadiyah Temanggung untuk mendapatkan diagnosa dan penangganan medis secara tepat dari dokter kandungan.

Sumber : kemenkes RI, Alodokter

 

Komentar