Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Minggu, 21 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Manfaat Cek Darah Secara Rutin Bagi Penderita Anemia

Kesehatan 0 kementar

Anemia adalah kondisi medis yang umum terjadi dan dapat mempengaruhi individu dari segala usia dan latar belakang. Meskipun sering dianggap sebagai kondisi yang ringan, anemia memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas hidup dan produktivitas penderitanya. Anemia adalah kondisi ketika jumlah hemoglobin yang terdapat pada eritrosit atau sel darah merah rendah. Perlu diketahui bahwa sel darah merah atau eritrosit mengandung protein bernama hemoglobin yang berperan penting untuk membawa dan mneyalurkan oksigen keseluruh tubuh.

Berdasarkan penyebabnya anemia terbagi menjadi beberapa jenis yaitu talasemia, anemia sel sabit, anemia akibat masalah kesehatan kronik, anemia hemolitik, anemia aplastic, anemia akibat pendarahan, anemia pada ibu hamil, anemia defisiensi zat besi.

Penderita anemia disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin, terutama jika sering mengalami gejala gejala yang menggangu aktivitas sehari hari, seperti: Kelelahan, Kulit tampak pucat, Pusing, Nyeri kepala, Kurang bertenaga, Mudah kedinginan, Tangan dan kaki dingin, Lidah bengkak dan telihat pucat, Sesak napas, Nyeri dada, Detak jantung tidak teratur.

Pentingnya cek darah untuk anemia secara rutin, pasalnya anemia yang tidak mendapatkan penanganan dapat menimbulkan sejumlah komplikasi anemia seperti

  1. Kelelahan ekstrem. Kondisi ini bisa terjadi apabila tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup
  2. Masalah jantung. Anemia dapat menyebabkan jantung memompa lebih keras untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi diseluruh tubuh. Jika terjadi secara terus menerus, kondisi ini dapat menimbulkan masalah pada jantung
  3. Menghambat proses tumbuh kembang anak. Hal ini bisa terjadi apabila anak mengalami anemia defisiensi besi, sehingga memengaruhi perkembangan otak
  4. Pada kasus yang parah, anemia yang terjadi karena kelainan genetic, seperti anemia sel sabit dan talasemia dapat menyebabkan komplikasi serius hingga kematian.

Anemia dapat terjadi karena berbagai factor serta memiliki tingkat keparahan yang berbeda beda pada setiap penderita. Dengan melakukan cek darah secara rutin, dokter dapat menentukan tingkat keparahan anemia secara akurat. Segera konsultasikan apabila mengalami anemia di RS PKU Muhammadiyah Temanggung agar tertangani dengan baik.

Sumber : kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI