Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Mengenali Kista Saat Hamil Dari Gejalanya Dan Pengobatannya

Kesehatan 0 kementar

Kemunculan kista saat hamil dapat membuat ibu hamil merasa khawatir, apalagi jika ini merupakan kehamilan pertama dan terdeteksi pada trimester pertama kehamilan. Kista saat hamil bisa diatasi dengan beberapa pengobatan, namun harus disesuaikan dengan kondisi ibu hamil dan besarnya kista.

Kista saat hamil mungkin muncul, dan yang paling sering ditemukan adalah kista ovarium. Umumnya, kista sudah terbentuk sebelum terjadinya pembuahan dengan ukuran yang beragam, tapi sering kali kista baru diketahui ketika ibu hamil melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Kista yang muncul pada awal kehamilan biasanya akan menyusut sekitar minggu ke-14 dan hilang pada minggu ke-16 masa kehamilan.

Gejala kista saat hamil yaitu

  1. Siklus menstruasi yang tidak teratur
  2. Sakit perut diatas kemaluan atau nyeri panggul
  3. Cepat merasa kenyang
  4. Perut kembung
  5. Sering buang air kecil
  6. Perdarahan vagina
  7. Mual dan muntah
  8. Nyeri ketika melakukan hubungan seksual

Penanganan kista saat hamil

Kista umumnya tidak memengaruhi kehamilan maupun janin. Meski demikian, harus tetap rutin memeriksakan diri ke dokter apabila ditemukan kista saat hamil. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan sesuai dengan penyebab, ukuran, usia ibu hamil, dan penampakan kista pada pemeriksaan USG. Metode penanganan kista saat hamil terbagi menjadi 2, yaitu

  1. Pemantauan rutin dilakukan jika ada kista tanpa gejala yang terdeteksi
  2. Prosedur operasi, jika kista berukuran besar dan berpotensi menghalangi jalan lahir bayi pada saat persalinan, dokter spesialis kandungan dapat melakukan operasi pengangkatan kista.

Setelah mendeteksi adanya kista di ovarium ibu hamil, biasanya dokter akan memantau terlebih dahulu perkembangan kista tersebut untuk menentukan tindakan yang diperlukan. Alasannya, kista saat hamil belum tentu menyebabkan masalah selama kehamilan.  Segera periksakan kehamilan didokter spesialis kandungan untuk memantau perkembangan apabila ada tanda gejala yang muncul. RS PKU Muhammadiyah terdapat layanan dokter spesialis kandungan.

Sumber : Kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI