Blogs

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil Dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan selama 9 bulan kehamilan. Janin juga akan bertumbuh dengan sehat sampai waktu kelahirannya jika ibunya sehat. Kehamilan mungkin membuat bumil merasa lebih mudah lelah atau merasakan keluhan tertentu seperti nyeri punggung dan sembelit. Tak hanya menjaga pola makan tetapi juga bisa melakukan olahraga secara rutin saat hamil dapat mendukung proses persalinan agar lebih lancar nantinya.

Menjaga kesehatan ibu hamil memang gampang gampang susah. Namun, hal ini bukan tidak mungkin terwujud jika ibu hamil menerapkan berbagai pola hidup sehat seperti :

  1. Makan makanan bergizi

Kondisi kesehatan selama kehamilan sangat bergantung pada pola hidup sehat yang diterapkan ibu hamil. Bagi ibu hamil makan makanan bergizi dapat membantu menambah stamina, menghindari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan saat hamil tetap sehat. Makanan bernutrisi yang wajib dikonsumsi ibu hamil yaitu

  • Makananberprotein, seperti telur yang dimasak matang, dada ayam, dan gandum utuh
  • Makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk, jambu biji dan stroberi
  • Makanan dan minuman mengandung kalsium, seperti susu yang dipasteurisasi
  • Makanan kaya zat besi, seperti brokoli dan kacang kacangan
  • Makanan yang mengandung lemak sehat (buah alpukat)
  • Makanan yang mengandung asam folat (kuning telur dan bayam)

Agar kesehatan ibu hamil terjaga hindari makan daging setengah matang, jeroan hewan, dan makanan cepat saji yang tinggi lemak trans selama ibu hamil menjalani pola hidup sehat.

  1. Melakukan olahraga

Olahraga dimasa kehamilan adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil seperti jalan santai, berenang, aerobic khusus ibu hamil, senam ibu hamil. Manfaat olahraga bagi ibu hamil yaitu :

  • Mengurangi stress saat hamil
  • Mencegah kenaikan berat badan berlebih
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan otot yang dibutuhkan saat menjalani persalinan
  • Mengurangi sakit punggung, konstipasi, dan kembung

Selain berbagai jenis olahraga tersebut, lakukan aktivitas sehari hari seperti membereskan rumah, agar tetap sehat dan fit, bumil disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3 kali seminggu.

Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan pola makan sehat, beri istirahat yang cukup, dan menjauhi kebiasaan buruk, seperti merokok atau minum alcohol, agar kondisi bumil dan janin tetap sehat.

Sumber : kemenkes RI

Komentar