Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD
Penerapan Feeding Rules Yang Tepat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Penerapan Feeding Rules Yang Tepat Untuk Tumbuh Kembang Anak

Berita 0 kementar

Kalori yang cukup bagi sikecil sangat penting karena memberikan banyak sekali manfaat, mulai dari mendukung proses perkembangan otak hingga mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Salah satu cara yang efektif untuk memastikan pemenuhan kebutuhan kalori harian pada anak adalah melalui penerapan feeding rules. Dengan aturan ini, maka kalori anak tercukupi sehingga nutrisi harian terpenuhi.

Apa itu feeding rules?

Feeding rules merupakan penerapan pola makan atau aturan dalam memberikan asupan makanan yang tepat sesuai dengan usia, jenis kelamin, dan aktivitas fisik anak. Penerapan jenis pola makan ini dapat dilakukan secara rutin mulai dari kecil, terutama anak yang sudah mulai mengonsumsi MPASI. Cara ini dapat membuat anak mempunyai gaya hidup sehat kedepannya. Dengan kata lain, aturan ini merupakan salah satu kiat atau investasi yang akan berguna untuk jangka panjang.

Manfaat menerapkan feeding rules yaitu

  1. Mencegah mogok makan pada anak. Feeding rules dapat menciptakan variasi makan yang tidak membosankan bagi sikecil. Ketika variasi makananya seimbang, maka anak akan semakin merasa nyaman tentang rutinitas makannya. Dengan begitu mereka akan cenderung antusias untuk mencoba makanan baru.
  2. Menekan risiko obesitas. Seperti yang disebutkan sebelumnya, feeding rules cenderung menggunakan makanan yang sehat. Makanan yang sehat cenderung memiliki tingkat lemak jenuh, kalori dan gula yang lebih rendah. Dimana kedua jenis makanan ini dapat meningkatkan berat badan cukup signifikan.
  3. Membangun kebiasaan makan yang sehat. Feeding rules membawa manfaat penting dalam membentuk kebiasaan makan yang sehat pada anak. Konsep makanan sehat dan bervariasi ditanamkan sejak dini, mengajarkan anak bahwa makanan adalah investasi bagi tubuh mereka.

Feeding rules yang tepat untuk anak harus mencakup pengendalian porsi makan dan kebutuhan kalori yang sesuai dengan usia dan aktivitas fisik anak. Sebab, kebutuhan kalori yang sesuai dengan usia dan aktivitas fisik anak akan membuat mereka mendapatkan energi yang cukup untuk pertumbuhan, perkembangan, dan aktivitas sehari hari mereka.

Cara menerapkan feeding rules dirumah

Menerapkan feeding rules dirumah bisa dimulai dengan memberikan pilihan makanan sehat saat sarapan seperti sereal, roti gandum, buah dan susu, lalu biarkan anak memilih sesuai kesukaan mereka. Jika sikecil menolak makan, bisa diberikan kembali pada waktu makan selanjutnya tanpa paksaan. Anda juga bisa mendorong mereka untuk makan sendiri dengan alat makan sesuai ukuran tanganya sehingga bisa sekaligus mengembangkan ketrampilan motorik dan kemandirian. Namun, bukan hanya anak, tetapi orangtua harus memiliki kesabaran dan konsistensi untuk membentuk kebiasaan makan yang baik ini.

Menerapkan feeding rules mungkin tidak semudah itu, tetapi demi kesehatan dan tumbuh kembang sikecil, maka harus diperjuangkan. Namun, jika menghadapi tantangan dengan anak yang sulit makan atau membutuhkan panduan nutrisi lebih mendalam, bisa konsultasikan dengan AHLI GIZI di RS PKU Muhammadiyah Temanggung dengan mudah.

Sumber : Kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI