Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD

Pentingnya Mengenali Tanda Tanda Menopause Pada Wanita

Kesehatan 0 kementar

Apa itu menopause ? menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45-55 tahun. Seorang wanita bisa dikatakan sudah menopause bila tidak lagi mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut turut. Menopause tidak hanya ditandai dengan berhentinya menstruasi. Wanita yang telah menopause juga mengalami banyak perubahan, mulai dari penampilan fisik, kondisi psikologis, selain itu wanita yang sudah menopause juga tidak bisa hamil lagi.

Penyebab menopause

Menopause merupakan prose salami yang terjadi saat seorang wanita bertambah tua. Seiring usia bertambah, indung telur akan makin sedikit memproduksi hormone kewanitaannya. Akibatnya indung telur tidak lagi melepaskan sel telur dan menstruasi akan berhenti.

Tanda tanda menopause

  1. Menstruasi tidak teratur. Saat mendekati masa menopause, wanita mungkin akan mengalami perubahan siklus menstruasi yang ditandai dengan haid yang berubah ubah jadwalnya.
  2. Masalah pada saluran kemih. Wanita yang telah memasuki masa menopause biasanya akan mengalami inkontinensia urine atau sulit menahan pipis, buang air kecil menjadi lebih sering atau anyang anyangan saat buang air kecil.
  3. Sensasi rasa panas (hot flashes). Rasa panas yang menyebar dari wajah dan leher hingga ke tubuh merupakan tanda menopause yang paling umum.
  4. Sulit tidur atau insomnia. Mereka dapat mudah terbangun dimalam hari dan sulit tidur kembali.
  5. Masalah psikologis. Perubahan hormone didalam tubuh wanita yang sedang menopause turut member dampak pada perubahan emosi dan kondisi psikologisnya. Menjelang dan selama menopause, wanita akan menjadi lebih mudah tersinggung dan sedih, merasa cepat lelah dan tidak bersemangat, cemas dan mengalami mood swing.

Cara mengatasi keluhan yang dirasakan saat menopause yaitu berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup, menerapkan pola makan yang sehat dan memperbanyak asupan serat dari buah dan sayuran, membatasi asupan lemak, gula, dan minyak, konsultasikan ke dokter mengenai perlunya mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D.

Jika mengalami tanda tanda menopause yang sangat mengganggu, atau ragu apakah keluhan yang dialami merupakan tanda menopause atau bukan, segera berkonsultasi dengan dokter di RS PKU Muhammadiyah Temanggung guna mendapatkan pennaganan yang sesuai.

Sumber : kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI