Blogs

Penyakit Jantung Bawaan Anak Yang Orangtua Perlu Ketahui

Penyakit jantung bawaan dapat terjadi pada satu dari seratus kelahiran. Penyakit ini terjadi karena kelainan struktur jantung yang muncul sejak bayi masih dalam kandungan. Penyakit ini dapat menggangu kemampuan jantung si kecil untuk memompa darah dan penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Kondisi tersebut dapat menggangu tumbuh kembangnya, bahkan kemungkinan berakibat fatal.

Gejala penyakit jantung bawaan pada anak

Gejala penyakit jantung bawaan dikenali ketika dokter mendengarkan suara tidak normal dari jantung yang disebut dengan bising jantung. Orangtua harus waspada apabila menemukan gejala sebagai berikut :

  1. Anak sulit bernapas atau justru bernapas dengan cepat
  2. Bibir, lidah dan kuku berwarna kebiruan
  3. Berkeringat secara berlebihan, terutama ketika makan
  4. Susah makan atau nafsu makan berkurang
  5. Penurunan berat badan atau berat badan sulit bertambah
  6. Denyut nadi melemah
  7. Anak sering terkena batuk dan mudah terkena radang paru paru

Cara mencegah penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan dapat dikenali sejak masa kehamilan melalui USG. Maka, sangat penting melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk mendeteksi berbagai kelainan pada janin, menghindari asap rokok Selama kehamilan, ibu hamil yang memiliki diabetes harus berusaha untuk mengendalikan kadar gula darah agar senantiasa dalam batas.

 

Apabila menemukan gejala penyakit jantung bawaan pada anak, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis. Makin cepat mendapat pertolongan, makin besar peluangnya untuk sembuh. Disamping itu, anak dengan penyakit jantung bawaan sebaiknya selalu menjalani pemeriksaan rutin dengan dokter jantung agar kondisinya terpantau dan terhindar dari risiko yang berbahaya. Segera periksakan ke dokter anak di RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Sumber : kemenkes RI

Komentar