Blogs

Penyebab Radang Amandel Pada Anak Dan Cara Mengatasinya

Amandel atau tonsil adalah salah satu bagian dari system pertahanan tubuh yang bertugas melawan infeksi virus dan bakteri. Namun amandel bisa mengalami peradangan jika system kekebalan tubuh sedang lemah atau amandel tidak berfungsi dengan baik untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang. Radang amandel adalah kondisi peradangan dan pembengkakan pada organ amandel, yaitu kelenjar getah bening diarea tenggorokan yang disebabkan oleh radang akibat kelelahan, infeksi. Biasanya menyerang anak anak usia 5 sampai 15 tahun.

Penyebab radang amandel disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Beberapa jenis virus yang menjadi penyebab radang amandel adalah virus yang juga menyebabkan batuk pilek atau flu. Sedangkan gejala radang amandel yaitu pembengkakan amandel, rasa sakit ketika menelan, suara sesak, demam, bua mulut, sakit kepala, demam, gelisah dan rewel, nafsu makan menurun, sakit tenggorokan, telinga terasa sakit.

Cara mengatasi radang amandel pada anak

Apakah radang amandel pada anak bisa sembuh sendiri? Umumnya, kondisi ini bisa sembuh melalui perawatan mandiri dirumah. Radang amandel yang disebakan infeksi virus biasanya akan membaik dengan sendirinya setelah 1-2 minggu. Beberapa perawatan dirumah yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala radang amandel antara lain :

  1. Mengonsumsi makanan bertekstur lembut dan mium yang hangat. Berikan anak makanan lembut seperti bubur, sup dan makanan berkuah lainnya
  2. Kumur air garam. Untuk anak yang berusia diatas 6 tahun, berkumur dengan air garam bisa menjadi salah satu cara mengobati radang amandel
  3. Perbaiki kualitas udara. Menciptakan kualitas udara yang baik dirumah juga penting untuk membantu mengatasi radang amandel. Saat anak mengalami radang amandel, sebisa mungkin jauhkan dari paparan polusi seperti debu, asap rokok dan asap kendaraan.
  4. Konsumsi buah segar untuk membantu mengatasi radang amandel pada anak yaiti stroberi, tomat,alpukat, anggur, dan jeruk karena memiliki kandungan antiradang yang tinggi, sehingga bisa meredakan peradangan.

Jika kondisi anak tidak kunjung membaik setelah 2-3 hari dirawat dirumah dengan berbagai cara mengobati radang amandel maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut di RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Sumber : kemenkes RI

 

Komentar