Blogs

Persiapan dan cara menjaga kesehatan saat ibadah Haji

Setiap calon jamaah haji perlu untuk mempersiapkan kesehatan sejak jauh hari sebelum berangkat ketanah suci, serta menjaga kesehatan saat ditanah suci. Menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kesehatan bagi peserta haji bertujuan agar seluruh rangkaian ibadah haji bisa berjalan dengan lancar. Akan lebih mampu beradaptasi dengan cuaca dan kondisi di Arab Saudi yang berbeda dengan di Indonesia.

Persiapan kesehatan sebelum keberangkatan

  1. Lakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan merupakan tahap wajib yang dilakukan calon jamaah haji. Ada 2 pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, yaitu pemeriksaan fisik umum dan pemeriksaan penunjang yang meliputi pemeriksaan darah lengkap, tes kehamilan, rontgen, pemeriksaan urine dan EKG. Sekarang di RS PKU Muhammadiyah Temanggung sudah ada layanan MCU lengkap.
  2. Terapkan pola hidup sehat. Pastikan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga berat badan, olahraga bisa dimulai kapan saja seperti jalan kaki atau bersepeda
  3. Lakukan vaksinasi. Vaksin sebelum menunaikan ibadah haji merupakan salah satu syarat wajib. Vaksin meningitis wajib dilakukan untuk menghindari wabah penyakit meningitis. Di RS PKU Muhammadiyah Temanggung ada layanan vaksin meningitis.
  4. Persiapkan obat obatan. Membawa obat obatan dari dokter yang harus dikonsumsi secara rutin
  5. Istirahat yang cukup

Menjaga kesehatan selama ibadah haji

Setiba ditanah suci, tetap berhati hati menjaga kesehatan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu :

  1. Simpan obat obatan pribadi di tas yang mudah didapatkan sertakan pula surat keterangan dokter
  2. Cukupi kebutuhan air minum karena cuaca disana lebih panas
  3. Selalu jaga kebersihan dengan cara sering mencuci tangan menggunakan sabun
  4. Hindari berbagai alat alat pribadi secara bergantian untuk menghindari penularan penyakit
  5. Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Hindari makan makanan yang terbuat dari susu mentah atau daging yang belum matang sempurna
  6. Jangan lupa untuk selalu memeriksa tanggal kadaluarsa bila membeli makanan atau minuman kemasan.

Dengan melakukan persiapan dan cara menjaga kesehatan saat ibadah haji, diharapkan bisa menjalani ibadah dengan maksimal dan terhindar dari penyakit. Apabila merasakan suatu gejala kesehatan, seperti pilek, flu, sesak napas, demam selama menjalankan ibadah haji konsultasikan dengan dokter penyelenggara ibadah haji, agar mendapatkan pengobatan yang aman dan tepat.

Sumber : kemenkes RI

Komentar