Blogs

Review Buku Manajemen Filantropi Keluarga Muda

Judul Buku      : Manajemen Filantropi Keluarga Muda

Penulis             : Min Adadiyah

ISBN               : 978-623-332-662-9

Halaman          : 140 Halaman, 14x20cm

Tahun Terbit    : 2022

Manajemen Filantropi Keluarga Muda karya Ibu Min Adadiyah adalah Buku yang diharapkan mampu menata sejak dini dana keluarga muda. Ini menjadi prototipe yang menarik untuk didalami. Diawali dari kapan saja saat tepat untuk memulai hingga tahap demi tahap aplikasi dan implementasi.

Belakangan ini masih banyak sekali pasangan yang sudah menikah mungkin mengalami berbagai kekacauan pengelolaan dana keluarga? Jika sudah menikah lama, tetapi baru saja berniat memulai apakah masih memungkinkan untuk memulai mengelola manajemen filantropi keluarga? Jawabanya Masih.

Buku dengan tebal 140 halaman ini sangat direkomendasikan untuk dibaca. Pada buku ini, penulis memberikan pemaparan terkait dengan dari mana proses itu berawal, titik mana yang tepat untuk memulai, panggilan ilahi: Haji dan Umroh, berbagai dan menerima begitu siklusnya hingga Laa Tuhsuhaa, manajemen filantropi keluarga rumus berkesinambungan, membangun sistem, apa saja yang bisa disumbangkan, sumbangan produktif yang tersistem, mendidik filantropi usia dini, memanfaatkan daya ungkit finansial, tidak butuh uang untuk membantu, saat tepat untuk memulai (kembali).

Kelebihan buku ini menjelaskan tentang memanajemen filantropi. Secara istilah filantropi intinya pada “memberi”. Kita bisa melakukan dalam bentuk sedekah, infaq, zakat, wakaf, dsb. Pada buku manajemen filantropi keluarga ini  anda sebagai calon pengelola tidak harus memulai dari menjadi kaya raya tetapi bisa mengelola yang 2,5 sd 10%. Manajemen filantropi adalah upaya agar pemberian itu terus berkesinambungan. Maka, rumusnya adalah titipkan sepenuhnya pada yang awalnya memberi. Siapa yang memberi? Allah SWT. Maka, kembalikan sepenuhnya yang 10% tadi agar bisa dijadikan sarana untuk memberi.

Sekali lagi filantropi adalah mengenai membangun sistem agar memberi menjadi bisa berkesinambungan. Salah satu peran terbesar adalah dipundak para ibu. Ibu sebagai partner yang memiliki senjata dahsyat yaitu dikabulkannya doa bagi anaknya. Adapun hal hal yang bisa disumbangkan antara lain harta, tenaga, waktu, pemikiran.

Selain itu pada buku ini juga mengajarkan cara mendidik filantropi usia  dini dimana pasangan muda yang pernah memiliki wawasan mengenai bagaimana cara memanaje filantropi cenderung akan menata anak anaknya mengenai bagaimana mengalokasikan sumber daya. Selalu meluangkan waktu untuk memberikan perhatian pada sesuatu diluar dirinya. Hal ini bisa menjadi pembiasaan sejak dini. Cara sederhana memanaje filantropi keluarga bisa dikenalkan pada anak dengan berbagai cara, antara lain memaparkan anak pada realiti, melibatkan dalam kegiatan charity, melibatkan anak dalam operasional kantor yayasan, memberikan kesempatan untuk mengelola dana alokasi filantropi, memberikan kesempatan untuk memilih lokasi berbagi.

Salah satu kunci manajemen filantropi adalah memanaje berbagai sumber daya agar sistem berjalan berkesinambungan. Oleh Karena itu, para manajer filantropi keluarga muda perlu belajar mengenai memanaje daya ungkit. Daya ungkit atau leverage menurut kiyosaki adalah kemampuan mengerjakan lebih banyak dengan sesuatu yang lebih sedikit. Hal ini penting sebab seorang manajer filantropi selalu harus mengelola lebih banyak dibanding mereka yang tidak mengambil jalan ini.

Buku ini diterbitkan tahun 2022. Didalamnya isi buku mempelajari mengenai memanajemen filantropi keluarga muda. Dari segi tips dan ilmu yang dibagikan sangat memberikan pandangan dan menginspirasi bagi pasangan muda.

Komentar