Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD
Selamat Tinggal Baby Blues, Aku Ibu Bahagia

Selamat Tinggal Baby Blues, Aku Ibu Bahagia

Berita 0 kementar

Sahabat RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Menjadi seorang ibu adalah salah satu peran paling indah dalam hidup seorang wanita. Namun, seperti segala hal dalam hidup, itu juga datang dengan tantangan dan perasaan yang berbeda beda. Salah satu tantangan yang sering dihadapi oleh banyak ibu adalah apa yang dikenal sebagai “Baby Blues”. Ini adalah periode singkat setelah kelahiran bayi ketika ibu merasa cemas, atau sedih. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, karena baby blues adalah sesuatu yang umum terjadi dan biasanya berlalu dengan sendirinya.

Baby blues biasanya muncul dalam beberapa hari setelah melahirkan dan dapat berlangsung hingga beberapa minggu. Beberapa gejala baby blues yang umum termasuk perasaan sedih kecemasan, mudah tersinggung, dan perasaan lelah. Baby blues berbeda dari depresi pasca melahirkan yang lebih serius. Baby blues adalah reaksi emosional sementara dan tidak memerlukan perawatan medis khusus. Ini adalah bagian alami dari penyesuaian ibu terhadap peran barunya dan perubahan hormon dalam tubuhnya.

Jika seorang ibu yang mengalami baby blues atau merasa berjuang setelah melahirkan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu diri sendiri merasa lebih bahagia dan seimbang yaitu :

  1. Dapatkan dukungan, jangan ragu untuk berbicara dengan orang yang dipercayai tentang perasaannya. Terkadang berbicara tentang apa yang dirasakan bisa sangat membantu. Misalnya dengan anggota keluarga, suami, teman dekat.
  2. Istirahat yang cukup, cobalah untuk tidur dan beristirahat sebanyak mungkin. Kurang tidur dapat membuat emosi lebih labil
  3. Jaga gizi, makan makanan sehat dan tetap terhidrasi. Nutrisi yang baik dapat membantu meningkatkan suasana hati
  4. Berolahraga seperti berjalan dapat membantu meredakan stress dan meningkatkan suasana hati
  5. Cari bantuan professional, jika perasaan terus berlanjut atau mmeburuk, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari seorang professional kesehatan mental.

Selamat tinggal baby blues bukan berarti harus menutup perasaan anda. Sebaliknya, itu adalah langkah menuju menjadi seorang ibu bahagia yang dapat emmberikan cinta dan perhatian maksimal pada bayi.

Perlu diingat bahwa kondisi baby blues dapat menghilang dengan sendirinya, namun apabila baby blues diabaikan dan tidak mendapat penanganan yang tepat maka bisa mengarah pada kondisi depresi pasca melahirkan. Jika kondisinya sudah seperti ini segera konsultasikan ke dokter spesialis di RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Sumber : Kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI