Blog

TIM Medis MDMC Bertugas di Lokasi Tanah longsor Banjarnegara

TIM Medis MDMC Bertugas di Lokasi Tanah longsor Banjarnegara

Pada hari, Sabtu, 13 Desember 2014 TIM Medis MDMC RS PKU Muhammadiyah Temanggung bertugas di lokasi kejadian tanah longsor yang tepatnya berada di Dusun Jemblung Desa Sampang Kec.Karangkobar Kabupaten Banjarnegara. TIM yang terdiri dari 10 orang ini merupakan TIM Medis yang datang perdana di lokasi kejadian. Sebelumnya belum ada satupun TIM Medis yang berada di lokasi, sehingga TIM Medis MDMC PKU ini  membuat warga sedikit lega.

Dilaporkan dari lokasi kejadian sementara, sampai hari Sabtu kemarin sebanyak 20 orang tewas dan 15 orang yang lain selamat. Kurang lebih ada 88 orang belum ditemukan dan baru dalam proses pencarian. Kejadian tanah longsor di Kab.Banjarnegara tersebut  sangat menggemparkan warga setempat, pasalnya kejadian ini baru kali pertama terjadi di Dusun Jemblung ini. Selain itu korban yang berjumlah cukup besar ini  membuat trauma tersendiri bagi  warga Dusun Jemblung.

Selama berada di lokasi kejadian, TIM Medis MDMC RS PKU Muhammadiyah Temanggung ini melaksanakan beberapa kegiatan, diantaranya; 1).Memback up Posko Kesehatan Puskesmas pada pengungsi yang asli korban longsor, 2) mendirikan posko kesehatan sendiri MDMC; 3). Layanan Pengobatan Gratis; 4). Mengantar pasien perujuk ke fasilitas Rumah sakit 2 kali; 5). SAR MDMC ikut dalam pencarian korban.

Dalam kegiatan hari pertama tersebut, pastinya banyak evaluasi yang dilakukan TIM Medis MDMC, pasalnya di hari tersebut baru melihat langsung kejadian dan kondisi para korban sehingga untuk pendataan tentang apa saja yang dibutuhkan memang baru bisa dilakukan setelah menyaksikan secara langsung di lokasi kejadian. Sehingga untuk pemberangkatan selanjutnya diperlukan tenaga psikososial atau rohaniawan untuk menenangkan jiwa para korban yang selamat. selain itu diperlukan alat sekop, cangkul, sepatu boot, jas hujan, masker dan obat-obatan yang lebih lengkap serta bantuan sembako yang lebih besar lagi jumlahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *