Blog

Briefing /Meeting Rutin Unit Sebagai Upaya PMKP

Briefing /Meeting Rutin Unit Sebagai Upaya PMKP
BRIEFING /MEETING RUTIN UNIT SEBAGAI UPAYA PMKP
Sosialisasi Hand Hygiene di Brifing Unit Gizi

Briefing/meeting rutin pegawai per unit diselenggarakan sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas layanan. Apabila masing-masing unit melakukan koordinasi internal rutin, akan terlihat unit yang selalu berupaya meningkatkan kualitas layanan dan yang tidak. Hal ini akan mendorong pertumbuhan kualitas layanan RS secara menyeluruh.

BMP (Badan Mutu dan Pencitraan) RS PKU Muhammadiyah Temanggung mendorong unit-unit ini untuk melaksanakan meeting koordinasi dengan fasilitasi rapat dalam bentuk penukaran voucher fasilitasi rapat.

Hal ini berkontribusi positif pada PMKP (Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien) dengan terkumpulnya dokumentasi brifing unit (yg dilakukan sebagai upaya PDCA-Plan Do Cek Action-Peningkatan Mutu). Tidak jarang, forum ini dimanfaatkan sebagai ajang diseminasi pelatihan apabila ada di antara anggota unit yang pergi pelatihan. Implementasi hasil pelatihan dapat berupa perubahan pengetahuan, sikap dan tindakan anggota tim. 

Forum ini dapat pula dimanfaatkan oleh manajer atau tim ketika perlu forum untuk sosialisasi kebijakan. Salah satu contoh bentuk sosialisasi yang harus dilaksanakan adalah  Hand Hygiene. Enam langkah cuci tangan dan Lima (5) moment cuci tangan. Hal ini penting menjadi satu cara meningkatkan Sasaran Keselamatan Pasien (SKP). 

Maka, brifing unit pun menjadi salah satu sarana peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) di RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Semoga…Allahu a’lam..(Manajer BMP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *