Blog

RS PKU Muhammadiyah Temanggung Simulasi Darurat Bencana

Bencana alam merupakan sebuah fenomena alam yang tidak dapat diketahui kapan datangnya, dimana, bahkan siapa saja yang akan mendapat efek dari bencana tersebut. Bencana alam dapat berupa apapun, banjir, gempa bumi, gunung meletus dan lain sebagainya. Penanggulangan bencana serta ketanggap daruratan bencana tersebut terkadang masih menjadi hal yang  kurang di perhatikan mengingat banyak yang belum tahu tentang bagaimana musti bersikap ketika terjadi bencana.

Rumah sakit PKU Muhammadiyah Temanggung bekerja sama dengan MDMC sabtu 14 Oktober 2017 lalu telah sukses menggelar acara simulasi tanggap darurat bencana. Bertempat di SD Muhammadiyah Temanggung tim dari RS PKU Muhammadiyah Temanggung dan MDMC Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung memberikan materi tentang penanganan korban bencana dan juga bagaimana mengamankan diri dan sekitar ketika terjadi bencana.

Kesiap siagaan terhadap bencana dirasa sangat penting diberikan kepada anak didik, pasalnya ketika bencana terjadi maka siapapun harus siap untuk mengamankan diri dan lingkungan sekitar tak terkecuali anak didik yang notabenenya masih sedikit pengalaman tentang tanggap darurat bencana. Cukup banyak materi yang diberikan dalam simulasi tersebut, salah satu materinya adalah bantuan hidup dasar (BHD) seperti RJP (Resusitasi Jantung Primer), penanganan korban bencana.komentar positif diungkapkan oleh salah satu peserta simulasi yang merupakan guru SD Muhammadiyah Temanggung. Beliau berharap acara serupa diadakan secara berkala dan diselenggarakan pula di amal usaha atau institusi lain sehingga semakin banyak yang memahami cara bersikap dalam kedaruratan bencana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *