Blog

Alhamdulillah, RS PKU Muhammadiyah Temanggung Tersertifikasi Syariah

Alhamdulillah, RS PKU Muhammadiyah Temanggung Tersertifikasi Syariah

Bertepatan dengan bulan Ramadhan 1441 H, RS PKU Muhammadiyah Temanggung resmi menjadi Rumah Sakit berbasis Syariah. Setelah sebelumnya pada bulan Oktober tahun 2019 menjadi rumah sakit terakreditasi paripurna KARS.

Dengan adanya akreditasi paripurna KARS, RS PKU Muhammadiyah Temanggung (RSMT) mendapat pengakuan atas mutu dan keselamatan pasien. Dengan mendapatkan sertifikasi Syariah, RSMT mendapat pengakuan secara resmi oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai rumah sakit Syariah.

Melalui SK DSN MUI No.011.103.09/DSN-MUI/IV/2020 yang ditetapkan tanggal 17 April 2020, RSMT resmi menjadi rumah sakit yang berprinsip pada Syariah.

Sebelumnya pada Senin (10/02) di RSMT dilakukan sertifikasi kesesuaian Syariah melalui tinjuan dokumen dan lapangan oleh DSN MUI dan MUKISI, yang diwakili oleh auditor Dr. H. Moch. Bukhori Muslim, Lc, MA; Abdul Mughni, Lc, MA; dan dr. Burhanuddin Hamid Darmadji, MARS. Dalam kesempatan ini, Bupati Temanggung H. M. Al Khadziq juga turut hadir untuk meninjau berlangsungnya sertifikasi kesesuaian Syariah yang pertama dilakukan di RS di Kabupaten Temanggung.

Disampaikan oleh Direktur RSMT Dr. drg. H. Edi Sumarwanto, MM, MH.Kes sertifikasi Syariah menyempurnakan berbagai hal, diantaranya etos kerja islami, tempat kerja sebagai sarana ibadah dan rumahsakit dijadikan sarana untuk berislam menuju kaffah.

“diharapakan melalui rumah sakit Syariah maka etos kerja, amanah, kesungguhan, niat ibadah akan terbentuk. Selain itu, rumah sakit dengan berprinsip pada Syariah, akan dilaksanakanya hukum wajib, meninggalkan yang haram, mengembangkan hal sunnah, serta menghindari yang makruh.” Jelasnya.

“Menjadi orang islam tidak cukup paham rukun Iman dan rukun Islam lalu membaca syahadat. Namun butuh implementasi pengalaman secara utuh, tidak hanya memilih amalan-amalan yang enak, mudah tapi didukung perpaduan tauhid, fiqh, dan akhlaq. Karyawan RSMT mempunyai visi, ingin bertemu dengan Allah dalam ridhoNya, dan diijinkan ada didalam syurgaNya.” Imbuhnya.

Disampaikan juga oleh direktur RSMT, diharapkan dengan bertambahnya statusnya menjadi rumah sakit yang berbasis syariah, diharapkan mampu tumbuh dan berkembang sesuai dengan misi RS yaitu mengembangkan pelayanan kesehatan yang komprehensif baik fisikal jiwa maupun spiritual yang sesuai kebutuhan pasien khusunya dan masyarakat muslim Temanggung dan sekitarnya.

Sebelum terakreditasi Syariah, RS PKU Muhammadiyah memiliki budaya perusahaan yang dibentuk dan dikembangkan oleh manajemen RSMT yaitu budaya SOFT and FAST. Budaya SOFT yaitu Smile, Open Hearted, Friendly, Tenderly. Sedangkan budaya FAST yaitu Fatonah, Amanah, Tabligh, dan Siddiq. Budaya ini terinternalisasi dalam diri karyawan di RSMT. Budaya ini akan menjadi kekuatan positif bagi RSMT untuk melayani masyarakat Temanggung dengan prinsip Syariah. (F.H.Wardhana/2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *