Blog

RSMA Masa Depan Lakukan Disruptive Innovation

RSMA Masa Depan Lakukan Disruptive Innovation

RSMA dalam sejarah adalah untuk mengembangkan visi dan misi mulia Muhammadiyah melalui sebuah amal nyata di bidang pelayanan kesehatan. Dalam perjalannya, RSMA tumbuh dan berkembang dengan berbagai kendala yang ada. RSMA kompetisi bersama dengan rumah sakit lain termasuk rumah sakit keagamaan non islam yang diawali dengan rumah sakit milik zending / misionaris nasrani sejak zaman penjajahan serta munculnya rumah sakit baru dalam bentuk badan hukum PT (Perseroan Terbatas) dalam misi bisnis dan ingin memenangkan kompetensi serta mengalahkan lawan.

More

Pelayanan Rawat Jalan RS PKU Muhammadiyah Temanggung

Pelayanan Rawat Jalan RS PKU Muhammadiyah Temanggung

Rumah sakit PKU Muhammadiyah Temanggung memberikan pelayanan rawat jalan dengan membuka layanan poliklinik. Poliklinik rawat jalan bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan seperti mendiagnosis, mengobati, dan merehabilitasi pasien tanpa mewajibkan pasien untuk rawat inap. Poliklinik buka setiap hari Senin sampai dengan hari Sabtu pukul 06.00-20.00 WIB. Terdapat 9 ruang poliklinik yang menyediakan dokter spesialis seperti spesialis kandungan, bedah umum, penyakit dalam, ahli paru, anak, mata, THT, ortopedi/tulang, syaraf, radiologi, kesehatan jiwa, gigi, patologi klinik, dokter umum, rehabilitasi medis narkoba, dan fisioterapi.

More

Medali Silver RS PKU Muhammadiyah Temanggung Dalam Gugus Kendali Mutu Provinsi Jawa Tengah

Medali Silver RS PKU Muhammadiyah Temanggung Dalam Gugus  Kendali Mutu Provinsi Jawa Tengah

Gugus kendali mutu merupakan kegiatan yang dilakukan oleh karyawan suatu perusahaan untuk melakuakan pertemuan secara berkala guna mengupayakan dan meningkatkan pengendalian mutu. Pada tahun ini BP2TK kembali menyelenggarakan konveksi gugus kendali mutu se Jawa Tengah yang dilaksanakan di Semarang pada hari Selasa dan Rabu tanggal 4-5 September 2018. Peserta terdiri dari perusahaan manufaktur dan Rumah Sakit yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

More

Pendampingan Menuju Rumah Sakit Syariah

Pendampingan Menuju Rumah Sakit Syariah

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung mengadakan kegiatan bimbingan Rumah Sakit Syariah yang bertempat di gedung Shofa baru lantai 2 RS PKU Muhammadiyah Temanggung pada hari Senin tanggal 2 April 2018. Acara tersebut diisi dari MUKISI yang diwakili oleh Dr. Mashudi, M.Kes dan Miftachul Izah, S.E., M.Kes. Acara bimbingan ini dihadiri oleh ketua dan sekretaris PDM Kabupaten Temanggung, ketua MPKU, pejabat struktural Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung, serta tim sertifikasi Rumah Sakit Syariah PKU Muhammadiyah Temanggung.

More

Berpartisipasi dalam Germas Puskesmas Traji

Berpartisipasi dalam Germas Puskesmas Traji

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung berpartisipasi dalam pencanangan, kampanye dan sosialisasi GERMAS yang diadakan Puskesmas Traji pada Rabu 25 April 2018 bertempat di Lapangan Tegalroso Parakan. Acara tersebut diikuti oleh masyarakat kecamatan Parakan termasuk Muspika, Kepala Desa, Perangkat Desa, Kader Kesehatan, Guru SD/MI/SMP/SMA/TK/PAUD dan lintas sektoral terkait. Sebagai bentuk partisipasi, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung menyumbang buah segar untuk dikonsumsi para peserta GERMAS secara gratis, dan memberikan beberapa doorprize guna memeriahkan acara tersebut.

More

Pelatihan Manajemen Bangsal Keperawatan

Pelatihan Manajemen Bangsal Keperawatan

Kepala ruang sebagai perawat manajer di unit pelayanan langsung mempunyai akuntabilitas dan tanggung jawab untuk mengelola ruang rawat agar dapat memberikan pelayanan kepada pasien secara profesional, berdasar pada standar dan kebijakan tata kelola yang berlaku di Rumah Sakit, oleh karena itu kepala ruang perlu memiliki skill untuk mengelola bangsal keperawatan. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung memiliki kepedulian untuk menggelar pelatihan selama tiga hari, Sabtu– Senin (24-26/02) pukul 07.30- 18.15 WIB di Gedung Shofa baru. Acara ini mengusung tema “Pelatihan Manajemen Bangsal Keperawatan”.

More

Survei Akreditasi Tahun Pertama RS PKU Muhammadiyah Temanggung

Survei Akreditasi Tahun Pertama RS PKU Muhammadiyah Temanggung

Senin 4 Desember 2017 dilakukan Kegiatan Survei Verifikasi Akreditasi oleh Tim Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) setelah 1 tahun RS PKU Muhammadiyah Temanggung (RSMT) mendapat predikat PARIPURNA (Bintang 5). Survei verifikasi ini dilakukan setiap satu tahun sekali oleh KARS dengan tujuan memastikan rumah sakit yang telah diakreditasi mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan. Pada kesempatan ini dilakukan kembali penilaian dari sisi dokumen terutama yang menjadi catatan KARS maupun implementasi lapangan. Ini dilakukan agar rumah sakit senantiasa menjaga mutu pelayanan dan keselamatan pasien, ujar dr. Siti Sundari, Sp.M, M. Kes selaku Surveior Verifikasi Akreditasi.

More