Kebijakan Mutu

KEBIJAKAN MUTU TERKAIT PERILAKU INSAN BERSUMBER DAYA

RS PKU MUHAMMADIYAH TEMANGGUNG

Manajemen RS PKU MuhammadiyahTemanggung bertekad memberikan pelayanan terbaik atau service excelent terhadap semua pelanggan. Hal ini dituangkan dalam sebuah kebijakan mutu yang menuntun setiap petugas di rumah sakit untuk bertindak dengan selalu tersenyum (Smile) (baik di wajah maupun hatinya), dengan hati yang terbuka (Openhearted), bersikap seolah sebagai teman atau saudara secara pribadi terhadap pelanggan (Friendly) dan lembut (Tenderly), (SOFT). Pada hakekatnya setiap orang adalah pemimpin, karena itu untuk menemukan sosok yang baik yang ada pada diri setiap petugas yang ada di rumah sakit, manajemen menggunakan sifat-sifat Rosululloh yang sudah jelas terbukti baik sebagai acuan. Sifat-sifat tersebut adalah Fatonah, Amanah, Shidiq dan Tabligh, (FAST) sebagai mana telah dimuat dalam STATUTA RS PKU Muhammadiyah Temanggung bab VII pasal 30.

SOFT & FAST adalah sebuah idiom yang diharapkan diinternalisasikan oleh setiap petugas di RS PKU Muhammadiyah Temanggung. Dilihat dari terjemah arti kata SOFT yang berarti lembut dan kemudian FAST yang berarti cepat. Dua kata yang menjadi kunci kesuksesan sebuah pelayanan.
Kedalaman niat, melaksanakannya dengan penuh kelembutan dan kecepatan serta ketepatan dalam bertindak insyaallah akan menjadikan setiap pelanggan atau customer merasa nyaman dalam mendapat pelayanan. Komitmen ini dituangkan dalam kebijakan mutu sebagai berikut : SOFT & FAST.

  1. SOFT mengarah kepada human relationshipnya (soft competency). Dirinci menjadi S -Smile, O-Openhearted, F-Friendly, T-Tenderly.
  2. FAST pada profesionalisme (hard competency) terkait dengan bidang tugas masing-masing. Dirinci menjadi F-Fatonah, A-Amanah, S-Shiddiq dan T-Tabligh.

Sebagai pengingat agar setiap petugas dapat melaksanakan budaya ini, maka dipakailah sebentuk pin SOFT & FAST yang tersemat di dada setiap petugas dipakai sebagai satu kesatuan dengan nametag.