Sejarah dan Kepemilikan

Berdiri tahun 1989 oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Parakan di atas tanah wakaf ukuran 500 m persegi dari keluarga H. Toekiyo pada tahun 1982.
Muhammadiyah sebagai sebuah gerakan Islam didirikan pada tanggal 18 Nopember 1912 Miladiyah oleh K.H.A. Dahlan . Di dlamnya terdapat majelis-majelis ( bagan-bagiannya ) yang disusun mengikuti perkembangan zaman serta hasil-hasil syura yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan
dalam permusyawaratan atau Mu’tamar. Semuanya dilaksanakan untuk menunaikan kewajiban mengamalkan perintah Allah SWT dan mengikuti sunnah Rasul- Nya.

Salah satu majelis  yang dimiliki PDM Temanggung di dalamnya adalah Majelis Pembina Kesehatan Umum ( MPKU ), sebagai bentuk kewajiban untuk mencari pengobatan apabila sakit dengan membentuk rumah sakit-rumah sakit modern lengkap dengan peralatan dan seluruh sarana pendukungnya.
Meski demikian, bentuk-bentuk usaha pengobatan ini tidak boleh dilepaskan dari usaha berdo’a karena sesungguhnya Allah SWT saja yang dapat menyembuhkan sakit sebagaimana firmanNya dalam As-Syu’araa 80 : “ Dan apabila aku sakit. Dialah yang menyembuhkan aku.”

RS PKU Muhammadiyah Temanggung adalah amal usaha milik Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung di bidang kesehatan, dan kedudukan Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) adalah kepanjangan tangan Pimpinan Daerah Muhammadiyah sebagai pemilik RS PKU Muhammadiyah Temanggung, dalam melaksanakan tugas-tugas penyelenggaraan RS PKU Muhammadiyah Temanggung.