Alamat / Address
Jl. Raya Kedu Km. 02 Kalisat, Bulu, Temanggung
Sabtu, 20 Juli 2024
08:00 - 16:00 WIB
Darurat / UGD
Waspada, Penyebab Stroke Di Usia Muda

Waspada, Penyebab Stroke Di Usia Muda

Berita 0 kementar

Kita biasanya berfikir bahwa stroke hanya menyerang orangtua saja, namun saat ini semakin banyak orang diusia produktif bahkan anak anak maupun remaja yang mengalami stroke. Mengapa hal ini terjadi.

Stroke merupakan suatu gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala klinis yang berlangsung lebih dari 24 jam. Serangan stroke terjadi saat pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang, yang jika dilihat dari penyebabnya dapat dibagi menjadi dua yaitu akibat penyumbatan yang disebut dengan stroke iskemik, serta akibat pecahnya pembuluh darah yang disebut dengan stroke hemoragik.

Stroke dapat disebabkan oleh berbagai macam factor, bisa karena factor risiko yang diturunkan dalam keluarga seperti hipertensi ataupun gaya hidup yang tidak sehat. Berikut beberapa penyebab stroke diusia muda yang perlu diketahui yaitu

  1. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan rapuhnya dinding pembuluh darah yang dapat berujung pada pecahnya pembuluh darah
  2. Cedera kepala. Benturan yang cukup keras pada kepala bisa membentuk gumpalan darah dibagian kepala, kondisi tersebut dapat menyebabkan gagar otak serta mengganggu system kekebalan tubuh dan sel darah sehingga dapat menjadi stroke
  3. Kolestrol tinggi. Meningkatnya kolestrol jahat dalam darah bisa menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah otak yang menimbulkan aterosklerosis (sumbatan atau penyempitan pembuluh darah). Kondisi tersebut memerlukan penanganan secepatnya karena bisa mengakibatkan stroke.

Pemicu stroke pada usia lanjut dapat berbeda dengan usia muda. Factor factor ynag bisa menjadi penyebab stroke diusia muda yaitu

  1. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman keras, selain dapat merusak kesehatan dan menurunkan system imun juga dapat mencetuskan ciri ciri stroke pada usia muda.
  2. Penyakit jantung. Jika sebelumnya memiliki riwayat penyakit jantung, maka kondisi tubuh akan lebih rentan terserang stroke.
  3. Gangguan pembekuan darah. Kondisi tersebut menyebabkan seseorang mudah mengalami perdarahan. Jika terjadi pada otak, maka orang tersebut dapat mengalami stroke hemoragik.

Mencegah terjadinya stroke merupakan langkah penting yang bisa dilakukan agar tidak mengalaminya baik diusia muda maupun lanjut. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain menjalankan pola hidup sehat, rutin berolahraga, serta memeriksakan kesehatan secara teratur dengan melakukan medical check up. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter di RS PKU Muhammadiyah Temanggung untuk mendapat pennaganan medis secara tepat.

Sumber : kemenkes RI

0 kementar

Jawab

POLIKLINIK
DOKTER JAGA
DARURAT
STATISTIK
TESTIMONI