Blogs

Bagaimana Menangani Baby Blues

 

Baby blues adalah kondisi  emosional yang banyak terjadi pada wanita setelah melahirkan. Baby blues ditandai perasaan sedih dan cemas, atau cemas yang timbul dalam beberapa hari pertama hingga minggu setelah persalinan. Baby blues adalah pengalaman yang umum dan tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Gejala Baby blues ditandai dengan perubahan suasana hati yang terjadi selama beberapa hari pasca persalinan. Pada periode ini, para ibu yang mengalaminya menyebutkan merasa lebih sedih dan khawatir ketimbang biasanya. Mereka juga merasa sangat lelah dan tidak mengenali dirinya sendiri. Berikut ini beberapa gejala baby blues yang kerap muncul yaitu :

  1. Merasa sedih
  2. Menangis tak terkendali
  3. Mudah marah
  4. Merasa cemas
  5. Merasa lebih emosional
  6. Sulit tidur
  7. Selera makan menurun

Penting untuk diketahui bahwa gejala baby blues bersifat ringan. Bila ibu merasa sangat depresi atau dilanda kecemasan, hingga ada pikiran untuk bunuh diri atau mencelakai buah hati, ini tanda kondisi yang lebih serius. Ibu yang mengalami gejala tersebut perlu segera mencari bantuan dari orang terdekat atau mendatangi dokter secepatnya.

Baby blues termasuk kondisi yang umum dan dapat berlangsung selama beberapa minggu setelah melahirkan. Ada beberapa cara yang dapat membantu menangani baby blues yaitu :

  1. Dukungan emosional. Berbicara dengan pasangan atau teman, keluarga terdekat perihal perasaan yang dialami dapat membantu melepaskan perasaan yang mengganggu.
  2. Mencukupi waktu istirahat dapat membantu mengatasi kelelahan yang bisa memperburuk perasaan.
  3. Menjaga kesehatan fisik dengan mengatur makan dengan baik, menyempatkan waktu berolahraga hingga menjaga rutinitas harian yang sehat dapat membantu memperbaiki suasana hati.
  4. Konsumsi makanan bergizi dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan emosional.
  5. Berkonsultasi dengan professional kesehatan. Jika perasaan mengganggu yang dialami terus berlanjut ataupun kian memburuk. Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang professional kesehatan mental. Terapis atau konselor dapat memberikan dukungan dan saran yang diperlukan.

Baby blues merupakan pengalaman umum yang dapat dialami pasca melahirkan dan biasanya dapat berlangsung dalam beberapa minggu pertama setelah melahirkan. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke terapis. Karena kesehatan mental adalah hal yang penting untuk dijaga. Segera konsultasikan ke RS PKU Muhammadiyah Temanggung.

Sumber : Kemenkes RI

Komentar